Bupati Maros Serahkan DPA SKPD

Bupati Maros Serahkan DPA SKPD

Maros – Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan se-Kabupaten Maros, Rabu (15/1/2014).

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan DPA kepada pimpinan SKPD dan kecamatan se-Maros. (Foto: Humas Pemkab Maros).

Dengan diserahkannnya DPA ini, maka program-program SKPD maupun operasionalnya sudah dapat berjalan untuk tahun anggaran 2014.  DPA ini merupakan penjabaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang disahkan pada bulan Desember tahun 2013 lalu.

Setelah penyerahan DPA ini, SKPD bisa memulai dan melaksanakan programnya yang telah dibuat. Agar program-program yang akan dilaksanakan oleh SKPD pada tahun 2014 ini tidak melenceng dari Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan pagu anggaran yang telah ditetapkan.

“Penyerahan DPA ini kita lakukan agar kinerja SKPD semakin meningkat. Dengan diserahkannya plafon anggaran SKPD ini berarti sudah tidak bisa diubah lagi dan penggunaan anggaran harus sesuai dengan dokumen tersebut,” ujar Bupati Maros HM Hatta Rahman di hadapan kepala SKPD.

Dalam DPA ini, SKPD yang pagu anggarannya paling besar adalah Dinas Pendidikan yang anggarannya mencapai Rp300 miliar. Salah satu item yang menyerap anggaran paling besar adalah sertifikasi guru dan pembangunan fisik. Sedangkan anggaran yang paling besar diserap di Dinas PU yakni perbaikan jalan yang mencapai Rp130 miliar.

Untuk dinas kesehatan, pengadaan alat kesehatan merupakan item yang paling besar menyerap anggaran. Setelah diserahkan DPA, menyusul akan diserahkan uang persediaan. Uang persediaan ini merupakan uang muka untuk memulai kegiatan dan program-program di SKPD. (Alfi)

Tags: Anggaran


Leave a Reply

Kabar Terbaru