Home / Headline / Resmi! Kawasan Geopark Maros-Pangkep Jadi Warisan Dunia UNESCO Global Geopark

Resmi! Kawasan Geopark Maros-Pangkep Jadi Warisan Dunia UNESCO Global Geopark

Maros –  Dalam Rapat Dewan Council Unesco Global Geopark (UGG) yang digelar di Thailand, Minggu (04/09/2022), dan dengan berbagai konsiderasi dari sejumlah aspek setelah melakukan assesmen, maka ditetapkan kawasan Maros-Pangkep Geopark resmi menjadi warisan dunia atau  UNESCO Global Geopark.    

Bupati Maros HAS Chaidir Syam menyampaikan rasa syukur atas capaian besar ini dan hal ini menurut beliau atas dukungan, do’a dan sinergitas masyarakat bersama seluruh pihak terkait. Bupati menambahkan, capaian ini menjadi tantangan kedepannya agar kawasan Maros-Pangkep Geopark tetap terjaga kelestariannya sebagai destinasi wisata dunia.

“Kami sangat bersyukur dan mendapatkan info langsung dari Thailand. Sebuah kebahagiaan and kebanggan tersendiri Kawasan Geopark Maros-Pangkep ini akhirnya ditetapkan sebagai warisan dunia. Ini artinya, perjuangan masyarakat dan seluruh stakeholder yang selama ini menjaga dan melestarikan kawasan tersebut mendapatkan atensi dan apresiasi dunia,” ujar beliau.

Bahkan, seusai Maros-Pangkep resmi ditetapkan sebagai UGG, Bupati HAS Chaidir Syam  langsung menyampaikan “gratitude expression” melalui video-call dengan General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep Dedy Irfan didampingi Miss Martina yang mengikuti langsung rapat UNESCO di Thailand. Ungkapan itu terkhusus disampaikan Bupati kepada Miss Martina yang merupakan salah seorang Assesor UGG yang pada beberapa waktu lalu melakukan penilaian di Kawasan Geopark Maros-Pangkep.       

General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep Dedy Irfan yang mengikuti langsung rapat Unesco ini mengatakan: “Syukur alhamdulilalh apa yang kita cita-citakan baik pemerintah maupun masyarakat Maros dan Pangkep selama ini akhirnya terwujud. Ini berkat kerja keras seluruh pihak”.

Sementara itu,  Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari selaku Ketua Pokja Penyambutan Tim Assesor UNESCO Global Geopark Maros-Pangkep yang juga pada bulan Agustus kemarin dianugerahi Penghargaan langsung dari UNESCO Global Geopark Rinjani-Lombok sebagai Kepala Daerah Wanita, Inspirasi Geopark Indonesia: Women Empowerment dalam agenda Geotourism Conference & International ke-3 di Hotel Raya Lombok atas segala atensi dan dedikasinya dalam upaya mendorong Kawasan Maros-Pangkep Geopark diakui sebagai warisan dunia UNESCO Global Geopark mengungkapkan kebahagiaannya dengan pencapaian besar ini.  

Wabup menyampaikan, dengan masuknya Maros-Pangkep jadi kawasan UNESCO Global Geopark, secara otomatis  ditasbihkan sebagai Destinasi Wisata Dunia. Olehnya itu, beliau tidak ingin berlama-lama larut dalam euforia atas achievment ini, langkah dan strategi lanjutan akan segera ditindaklanjuti:

“Setelah tim kembali dari Thailand, kami akan segera melakukan rapat koordinasi untuk langkah-langkah selanjutnya karena kemarin saat kunjungan Tim Assesor, ada 9 rekomendasi yang diberikan dan itu akan kita tindaklanjuti,” ungkap beliau.    (DisKominfo)

Check Also

Pada Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Dikukuhkan Sebagai Pembina TAGANA oleh Dirjen Kemensos

Maros–  Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico mewakili Menteri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.