Home / Headline / Bupati Maros HAS Chaidir Syam Buka Kegiatan Sosialisasi Bersama PUSKESOS BPJS Kesehatan-Dinsos Maros

Bupati Maros HAS Chaidir Syam Buka Kegiatan Sosialisasi Bersama PUSKESOS BPJS Kesehatan-Dinsos Maros

Maros–  Dinas Sosial Kabupaten Maros bersama BPJS Kesehatan melaksanakan Sosialisasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu tahun 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin (06/06/2022).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Maros HAS Chaidir Syam dan dihadiri pihak JKN, Supervisor Puskesos, Koordinator Puskesos Desa/Kelurahan dan Fasillitator SLRT.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan dukungan penuh terhadap Puskesos. Hal ini, menurut beliau, merupakan salahsatu wadah yang tepat bagi masyarakat untuk menyampaikan aduannya.

Beliau memaparkan, peran dan fungsi Puskesos ini untuk memudahkan rakyat yang terkategori fakir/miskin untuk mendapatkan perlindungan sosial.

“Puskesos ada untuk melayani masyarakat tanpa memandang sebelah mata, jadi Puskesos menjadi mata-telinga dan tangan pemerintah untuk menangani permasalahan sosial di masyarakat agar masyarakat lebih sejahtera” tutur Bupati.

Sejatinya, kehadiran Puskesos adalah untuk meningkatkan akses, integrasi layanan, memperluas layanan dasar dan memberdayakan masyarakat sehingga memahami program perlindungan sosial dan mendukung kegiatan pendataan fakir miskin cakupan daerah.

Saat ini telah terbentuk 103 Puskesos Desa dan Kelurahan. Bupati mengajak para pelaku Puskesos untuk memberikan informasi secara transparan agar menghindari kesalahpahaman di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadin, menyampaikan Puskoses di Kabupaten Maros pertama kali terbentuk. Diharapkan dengan terbentuknya Puskoses ini akan menjadi langkah awal upaya penuntasan kemiskinan di daerah ini.

Untuk menghindari data yang tidak valid yang dapat merugikan masyarakat, Puskesos harus menanamkan sikap integritas dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Kita akan melakukan pendataan kepada masyarakat yang betul-betul masuk dalam indikator fakir miskin sehingga data yang masuk ke Dinas Sosial adalah data yang telah di validasi oleh Puskesos” ujar Kadis Sosial.    (Diskominfo)

Check Also

Semarak Peringatan Hari Guru Nasional ke-77 Tingkat Kabupaten Maros Diwarnai Porseni PGRI

Maros–  Menyemarakkan Peringatan Hari Guru Nasional ke-77 Tahun tingkat Kabupaten Maros, diadakan Pekan Olahraga dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.