Home / Headline / Bupati Maros HAS Chaidir Syam Pimpin Rapat Evaluasi Capaian PAD Triwulan I Tahun 2022

Bupati Maros HAS Chaidir Syam Pimpin Rapat Evaluasi Capaian PAD Triwulan I Tahun 2022

Maros–  Bupati Maros HAS Chaidir Syam memimpin langsung Rapat Evaluasi Pencapaian Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Triwulan Pertama tahun anggaran 2022 di Ruang Rapat Bupati Maros, Rabu (18/05/2022).

Bupati mengatakan, dari total target tahunan sebesar Rp 264 miliar, kini baru mencapai sekitar 24,55% atau sebesar Rp 64 miliar. Harapan pencapaian PAD ini harusnya sebesar 33% di Triwulan Pertama.

Lebih lanjut beliau mengatakan, ada sejumlah kendala yang juga turut mempengaruhi capaian ini misalnya persoalan target Rp 7,7 miliar untuk Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum dapat berjalan karena terdapat aturan baru yang belum mengacu pada Perda. Selain itu masalah pandemi yang berdampak pada sektor pariwisata serta kondisi saat Bulan Ramadhan dimana minim pengunjung di kawasan wisata Bantimurung yang tentunya akan berdampak pada target pendapatan.

Meski capaian target PAD masih cukup minim, Bupati Maros tetap optimis bisa mengejar ketertinggalan pada triwulan berikutnya. Bupati menyebutkan, jika dibanding capaian tahun lalu, perolehan PAD saat ini terbilang cukup memuaskan.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah, H Takdir, mengatakan, dari 9 Perangkat Daerah yang berkewajiban menyetor PAD, sudah ada yang telah mencapai di atas 30% seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. La Palaloi.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah, yang tertinggi itu di Dinas Perikanan karena ada kenaikan tarif di TPI. Tapi memang menurutnya, yang paling berpengaruh adalah dari sektor PBB yang memang belum keluar. Bulan ini baru terbit dan kalau sudah disetorkan, maka hal ini akan berdampak pada kenaikan perserntase capaian PAD. (Maros FM, DisKominfo)

Check Also

Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024, Pemkab Maros Bersama Seluruh Unsur Terkait Gelar Apel Kesiapsiagaan Penangan Keamanan dan Kesehatan

Maros– Jelang Pelaksanaan Pemilihan Umum serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, Pemerintah Daerah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.