Home / Headline / Bupati Maros HAS Chaidir Syam Buka Acara Peningkatan Kapasitas Komite Sekolah/Madrasah

Bupati Maros HAS Chaidir Syam Buka Acara Peningkatan Kapasitas Komite Sekolah/Madrasah

Maros–  Sebanyak 55 Pengurus Komite Sekolah SD, SMP dan Madrasah se-Kabupaten Maros mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Sekolah/Madrasah yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Maros. Upgrade pengetahuan dan informasi ini penting bagi dunia pendidikan yang saat ini mengalami perubahan konsep cukup drastis dampak dari pandemi Covid-19.

Bupati Maros HAS Chaidir Syam yang berkesempatan membuka acara ini dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan pembinaan semacam ini bertujuan meningkatkan kapasitas Pengurus Komite Sekolah dalam mengorganisir, memonitoring dan mendukung terselenggaranya proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan berlangsung di Hotel Grand Town Maros, Rabu (18/05/2022).

“Kegiatan ini merupakan layanan peningkatan mutu pendidikan di masa pandemi yang merupakan salah satu tugas dan fungsi Dewan Pendidikan demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik, berkualitas dan berdayasaing”, jelas Bupati.

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan Komite Sekolah merupakan organisasi yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hirarkis dengan sekolah mau pun lembaga pemerintah.

“Komite Sekolah dan Lembaga Pendidikan memiliki kemandirian masing-masing, tetapi tetap sebagai mitra yang harus bersinergi sejalan dengan konsep manajemen berbasis sekolah atau MBS,” ujar Bupati.

Melalui kegiatan ini, Bupati berharap peserta dapat menjadikan pembinaan ini sebagai ajang meningkatkan kapasitas diri dan menguatkan kemampuan dalam menjembatani sekolah, pemerhati pendidikan, pemerintah dan masyarakat.

Peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen pendidikan, baik guru, kepala sekolah, para siswa, orang tua/wali murid, masyarakat dan institusi pendidikan, hal ini ditegaskan Bupati dalam sambutannya. Olehnya itu, menurut beliau,  perlu kerjasama dan koordinasi yang erat antara seluruh komponen pendidikan tersebut sehingga upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan bisa tepat arah dan sasaran serta lebih efisien.   (DisKominfo)

Check Also

Semarak Peringatan Hari Guru Nasional ke-77 Tingkat Kabupaten Maros Diwarnai Porseni PGRI

Maros–  Menyemarakkan Peringatan Hari Guru Nasional ke-77 Tahun tingkat Kabupaten Maros, diadakan Pekan Olahraga dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.