Home / Ekonomi / Pemkab Maros Gelar Bimtek Keuangan Berbasis Akrual

Pemkab Maros Gelar Bimtek Keuangan Berbasis Akrual

Maros – Sejumlah PNS Pemkab Maros mengikuti solialisasi dan bimbingan teknis standar akuntansi pemerintah berbasis akrual di aula kantor Bupati Maros, Selasa (9/9/2014).

Bimtek Keuangan
Solialisasi dan bimbingan teknis standar akuntansi pemerintah berbasis akrual. (Foto: Adnan)

Bimtek ini digelar selama empat hari untuk mendukung upaya pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian. Peserta Bimtek adalah pejabat penatausahaan keuangan, bendahara pengeluaran serta bendahara penerima dari seluruh SKPD Pemkab Maros.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menjelaskan penerapan dasar akrual diharapkan bisa memberikan transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan Pemkab Maros.

“Dengan sistem ini, kita berharap manajemen pengelolaan keuangan Pemkab Maros semakin baik. Sebelumnya, kami telah melakukan kunjungan ke kota maupun kabupaten di Jawa yang menerapkan sistem pencatatan akuntansi berbasis akrual dan kita akan terapkan hal yang sama,” paparnya.

Sebelumnya, sistem pencatatan akuntansi Pemkab Maros menggunakan sistem cash basic, yakni pendapatan dan beban akan dilaporkan dalam laporan laba rugi adalah transaksi yang melibatkan arus kas masuk untuk pendapatan ataupun arus uang kas keluar untuk beban.

Sedangkan sistem akrual basic, pendapatan maupun beban dicatat saat transaksi terjadi tanpa memperhatikan arus uang kas masuk atau arus uang kas keluar. (Alfi)

Check Also

Pemerintah Kabupaten Maros mendapatkan penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

MAROS- Pemerintah Kabupaten Maros bersama 20 kabupaten/kota di Sulsel mendapatkan penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.