Home / Headline / Pastikan Kesiapan Uji Sampel Swab Covid-19, Bupati Sambangi Balai Besar Veteriner Maros

Pastikan Kesiapan Uji Sampel Swab Covid-19, Bupati Sambangi Balai Besar Veteriner Maros

Maros   Bupati HM Hatta Rahman berkesempatan melakukan lawatan ke Balai Besar Veteriner Maros pada Senin (18/5/2020) guna melihat langsung kesiapan institusi ini menguji sampel hasil Swab Test  pasien Covid-19. Turut mendampingi Bupati; Sekda A Davied Syamsuddin, Kadis Kesehatan dan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Maros.

Bupati beserta rombongan disambut langsung Kepala Balai Besar Veteriner Maros, Risman Mangidi. Dalam lawatan tersebut, Bupati mendengarkan pengakuan pihak Balai yang memastikan siap menerima dan menguji sampel swab pasien covid-19 mulai pekan depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov Sulsel telah mengajukan permohonan izin kepeda Kementerian Kesehatan RI untuk empat laboratorium guna pemeriksaan spesimen Covid-19 di daerah ini. Empat lab tersebut yakni Balai Besar Veteriner Maros, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Makassar, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Makassar dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Soppeng. Diharapkan dengan adanya izin tersebut Covid-19 bisa semakin cepat ditangani.

Lebih lanjut, Kepala Balai juga mengungkapkan pihaknya sudah mengantongi izin/rekomendasi dari Kemenkes RI melalui Surat ke Gubernur Sulsel untuk mulai action. Dalam mekanisme pelayanannya nanti, berdasarkan Rapat Lab Balai Besar Veteriner Maros dikemukakan bahwa pihaknya bisa menerima sampai 50 sampel per hari dengan waktu kerja reguler seperti biasanya (Senin sampai Jumat).  

Menyampaikan ekspektasi terhadap kesiapan tim dari Balai Besar menguji sampel covid-19 ini, Bupati HM Hatta Rahman mengungkapkan asanya:  “kita berharap setelah Balai Besar Veteriner Maros ini bisa menerima sampel, maka hasilnya bisa cepat keluar karena selama ini di Makassar, hasilnya baru keluar setelah satu minggu. Bahkan, ada pasien yang meninggal namun hasil swabnya belum juga keluar dan ada juga yang sudah keburu kontak erat dengan keluarganya tapi belum keluar hasilnya sehingga begitu hasil tes keluar dan ternyata positif,  akhirnya satu keluarga pun dinyatakan positif”.   

“Kita berharap dengan hasil yang keluar lebih cepat, maka tindakan penanganan kita juga bisa lebih cepat terhadap pasien yang dinyatakan positif,”   timpal beliau.    (DisKominfo)

Check Also

Genjot Capaian Target Sensus Penduduk Online, BPS Gandeng Disdukcapil Maros

Maros –  Sensus penduduk Online Tahun 2020 yang sejatinya telah launching pada 15 Februari yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.