Pemkab Maros Kirim Bantuan Tahap Ketiga Ke Korban Gempa Palu

Pemkab Maros Kirim Bantuan Tahap Ketiga Ke Korban Gempa Palu


Pemkab Maros kembali mengirimkan bantuan logistik ke Palu Sulawesi Tengah. Pengiriman bantuan ini sudah tahap ketiga setelah sebelumnya Pemkab Maros telah mengirimkan bantuan logistik ke lokasi gempa dan tsunami Palu.

Kepala Bagian Humas Pemkab Maros Hj Darmawaty mengatakan, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sampai pengiriman bantuan tahap ketiga ini Pemkab Maros telah mengirimkan 8 truk terkirim ke Palu.

“Tahap pertama terkirim satu truk di tambah satu mobil box bantuan, kemudian tahap kedua terkirim dua truk dan telah terkirim beberapa hari lalu, kemudian tahap ketiga ini 5 truk dikirim melalui Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin. Bantuan logistik ini berupa makanan instan, beras, pakaian dan berbagai kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Darmawaty menjelaskan, bantuan logistik ini berasal dari Pemkab dan masyarakat kabupaten Maros yang peduli terhadap bencana gempa dan tsunami di Palu. Bantuan dari masyarakat dikumpulkan di kecamatan masing-masing kemudian dilanjutkan ke posko kabupaten yang dibentuk Pemkab Maros dan diteruskan ke Lanud Sultan Hasanuddin untuk diangkut ke Palu menggunakan pesawat hercules milik TNI AU.

Selain dikirim ke Palu, bantuan logistik juga telah disebar ke titik-titik pengungsian di Maros. Saat ini ada beberapa titik pengungsian di Maros yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Mandai, Marusu, Maros Baru, Simbang, Turikale dan Bontoa.

Sebelumnya, Bupati Maros HM Hatta Rahman juga telah memerintahkan kepada BPBD Maros dan Badan Keuangan Daerah untuk membiayai makan minum pengungsi Palu di Maros selama sebulan. Anggaran makan minum pengungsi ini akan diambil dari dana tak terduga Pemkab Maros.

“Kita minta BPBD mendata berapa titik pengungsi di Maros agar ketahuan jumlah pengungsi Palu di Maros. Selain itu, pengungsi yang dirawat di RSUD Salewangang juga biayanya akan ditanggung Pemkab Maros,” ujar Hatta.


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: