Home / Lainnya / Pemkab Maros Siapkan Rumah Baca Lapas Maros

Pemkab Maros Siapkan Rumah Baca Lapas Maros

Pemkab Maros melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros melakukan kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Maros.

Kerjasama itu sekaitan dengan program Gamacca atau Gerakan Minat Baca. Gerakan ini dilaksanakan di antaranya dengan mendirikan rumah baca pada instansi, organisasi dan ruang publik.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kamaluddin Nur menyampaikan, kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kepala Lapas Kelas IIA Maros Warsianto B di kantor Lapas Kelas IIA di Kandeapi Mandai Maros pada Jumat 13 Oktober lalu.

Program gerakan minat baca ini akan terus diciptakan untuk mendukung gerakan literasi yang sudah dicanangkan oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman.

“Kita berharap, rumah baca ini bisa dimanfaatkan oleh warga binaan Lapas Maros dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, di samping sebagai sarana mengisi waktu mereka selama masa pembinaan,” ujarnya, melalui media, Senin (16/10/2017).

Ditambahkannya, dengan adanya rumah baca, para warga binaan bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan membaca buku. Ada 200 buku yang disiapkan dalam rumah baca Lapas Maros tersebut.

Sementara, Warsianto B menyambut baik kerjasama ini, sebab menjadi inovasi yang patut diapresiasi.

“Apa yang menjadi harapan kita nantinya para warga binaan setelah keluar dari tempat ini bisa memanfaatkan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat, khususunya bagi dirinya sendiri dan keluarganya.

Pihaknya berharap, kerjasama ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi akan terus berlanjut dan berkesinambungan. (*)

Check Also

Antisipasi Potensi Bencana Banjir, Bupati Maros Pantau Langsung Kesiapsiagaan Posko BPBD Maros

Maros–  Kondisi curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang di wilayah Maros membuat seluruh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.