Home / Headline / Didampingi Sekda, Bupati Tinjau Pelaksanaan Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana PNS Lingkup Pemkab Maros

Didampingi Sekda, Bupati Tinjau Pelaksanaan Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana PNS Lingkup Pemkab Maros

Maros– Mewujudkan sistem karir yang profesional dan terarah, Pemerintah Kabupaten Maros bekerjasama dengan Kantor Regional IV BKN Makassar menyelenggarakan Pemetaan Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabatan Pelaksana bertempat di Laboratorium Komputer Kantor Bupati Maros, Selasa (25/10/2022).

Bupati Maros HAS Chaidir Syam yang berkesempatan meninjau pelaksanaan kegiatan ini didampingi Sekretaris Daerah Andi Davied Syamsuddin menyampaikan, uji kompetensi ini merupakan pemenuhan sistem Merit secara berkelanjutan dari aspek penataan kepegawaian. Ia juga berharap, hal tersebut dapat membantu upaya percepatan implementasi argumen talenta.

“isi tesnya tidak akan jauh berbeda dengan simulasi dan apa yang dihadapi sehari-hari. Jadi, cukup kerjakan tanpa melihat jawaban dari yang lain. Ini akan membantu posisi yang sesuai dengan talenta dan bakat kita sendiri,” ujar Bupati.

Beliau mengemukakan, pihaknya telah menerbitkan Peraturan Bupati Maros Nomor 94 tentang manajemen talenta di lingkup Pemerintah Kabupaten Maros . Dan lahirnya Peraturan Bupati ini adalah komitmen pemerintah Kabupaten Maros dalam mendukung terlaksanaan amanat Undang-undang.

“ASN dapat menjalankan karirnya sesuai harapan yakni meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, semangat bangga melayani bangsa. ASN juga punya value Berakhlak dengan akronim Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” pungkas beliau.

Sementara itu, Kepala Bidang PDSK Kanreg IV BKN, Abdul Rajab sangat mengapresiasi gerak cepat Bupati Maros dalam melakukan pemetaan terhadap PNS dengan menggunakan Sistem Merit. Menurutnya, langkah yang diambil Pemkab Maros ini merupakan langkah tepat yang berkualitas dan transparan.

Ditambahkannya pula, uji kompetensi tersebut bertujuan mengetahui profil referensi, kompetensi lingkup Pemerintah Kabupaten Maros secara tepat dan massif. Melalui metode komputerisasi yang telah dirancang sedemikian rupa untuk mengukur aspek kognitif, efektif dan minat atau kecenderungan perilaku.  (DisKominfo)

Check Also

Wakapolri Launching Percepatan Penyaluran Bantuan Pangan Serentak 24 Kabupaten/Kota Se-Sulsel

MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.