Home / Headline / Sekda Buka Acara Sosialisasi dan Bimtek SIPD Pemkab Maros Kerjasama Pusdatin Kemendagri

Sekda Buka Acara Sosialisasi dan Bimtek SIPD Pemkab Maros Kerjasama Pusdatin Kemendagri

Maros– Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Maros dan Pusdatin Kemendagri menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Kamis (16/12/2021). Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 16-17 Desember 2021.                

Sekretaris Daerah Andi Davied Syamsuddin mewakili Bupati Maros membuka secara resmi kegiatan ini. Turut hadir Pimpinan dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Maros, Kepala Pusat Data Informasi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakilli Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persendian pada pusat data dan informasi Sejen Kemendagri, para Staf Ahli dan Aasisten Setda Kabupaten Maros serta perwakilan dari Perangkat Daerah lingkup Pemkab Maros.                   

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SIPD ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan kesiapan daerah dalam konteks mengimplementasikan perencanaan dan penganggaran kedalam Aplikasi SIPD sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Kemendagri.                 

Sekretaris Daerah Kabupaten Maros Andi Davied Syamsuddin yang membuka kegiatan ini meyampaikan, untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh perangkat daerah Kabupaten Maros dalam menginput data statistik yang menjadi kewajiban masing-masing Perangkat Daerah kedalam SIPD Kemendagri.           

Kegiatan ini juga berguna untuk menginformasikan sekaligus memberikan keterangan, perkembangan, keterisian data yang telah diinput dalam sistem aplikasi sebagai upaya cross-check data yang lebih akurat dan terjaga.             

Sekda menambahkan, SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasi, serta mengelola pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat sebagai bahan dalam pengambilan keputusan. Dalam sosialisasi ini akan dijelaskan bagaimana tata cara tahapan perencanaan dan tahapan penginputan data usulan perencanaan pembangunan yang dapat dihimpun secara reflektif dan terintegrasi dalam sistem informasi pemerintahan daerah.             Melalui pelaksanaan kegiatan ini, Sekda berharap, tercipta proses percepatan implementasi sistem pemerintahan daerah sehingga dapat berjalan sesuai target kinerja. (DisKominfo)

Check Also

Pada Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Dikukuhkan Sebagai Pembina TAGANA oleh Dirjen Kemensos

Maros–  Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico mewakili Menteri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.