Home / Headline / BUPATI HADIRI BIMTEK PELESTARIAN NASKAH KUNO DAERAH YANG DIGELAR DINAS PERPUSTAKAAN

BUPATI HADIRI BIMTEK PELESTARIAN NASKAH KUNO DAERAH YANG DIGELAR DINAS PERPUSTAKAAN

Maros –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Maros menggelar bimbingan teknis pelestarian naskah kuno milik daerah di Aula Perpustakaan Daerah Maros, Kamis (15/07/2021).

Penyelenggaraan bimbingan teknis ini mengacu pada UU nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan serta Peraturan Bupati Maros nomor 84 tahun 2016 tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Dengan tema pentingnya pelestarian dan dokumentasi milik daerah sebagai penopang peradaban bangsa, bimbingan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran pentingnya preservasi naskah kuno bagi pemerhati dan penulis, juga untuk menumbuhkembangkan rasa peduli dan memiliki masyarakat juga pemerintah daerah terhadap naskah kuno. 

Bupati Maros HAS Chaidir Syam dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta untuk memanfaatkan dengan baik bimbingan hari ini sebab menurut beliau, Pemateri yang hadir memiliki jam terbang yang memadai dan telah 10 tahun berkecimpung dalam pelestarian naskah kuno.   

“Pemateri yang akan sharing dengan peserta adalah orang yang telah menyelamatkan sekitar 400 naskah kuno di Kabupaten Maros,” ungkap Bupati.

Menurutnya, pelestarian naskah kuno adalah hal yang luar biasa.Maros ini adalah kabupaten daerah yang punya peradaban luar biasa terlebih dengan temuan lukisan yang menghebohkan dunia.

“Lukisan yang ditemukan adalah lukisan yang berumur 45.500 tahun yang lalu, ini menunjukkan bahwa peradaban kita di Kabupaten Maros sudah lebih terdahulu dibanding beberapa daerah di dunia,” imbuh Bupati.

Menyikapi hal ini, Bupati merasa pelestarian terhadap naskah kuno harus diiringi dengan kemampuan akademis, sehingga naskah-naskah ini bisa lebih otentik dan jelas. 

Check Also

Bupati Maros Didampingi Wabup Terima Kunker Komisi X DPR RI di Rammang Rammang

Maros –   Bupati Maros HAS Chaidir Syam didampingi Wabup Hj Suhartina Bohari  menerima Kunjungan Kerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.