Home / Headline / Selamat Hari jadi Kabupaten Maros ke- 61

Selamat Hari jadi Kabupaten Maros ke- 61

Maros –  Memperoleh status sebagai kabupaten sejak tanggal 04/7/1959 berdasarkan UU No. 29 Tahun 1959 yang sekaligus ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Maros berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Maros Nomor 3 Tahun 2012, hari ini, Sabtu (04/07/2020) Kabupaten Maros genap berusia 61 tahun. Acara Peringatan ini dipusatkan di Gedung Serbaguna Pemkab Maros.   

Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros ini mengusung tema “Dengan Semangat Hari Lahir ke-61 Kabupaten Maros, Bersama Kita Wujudkan Maros Sejahtera 2021”. Penyelenggaraan peringatan pun dengan cara berbeda, tak ada acara perayaan besar-besaran, hanya syukuran sederhana dengan membatasi undangan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Tamu yang diundang hanya sekitar 300 orang, sementara kapasitas Gedung Serbaguna Maros, bisa menampung maksimal 1500 orang, bahkan dalam satu meja hanya dibatasi untuk beberapa orang saja.

Tampak hadir dalam acara ini Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah yang datang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin. Serta Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Juga Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin yang merupakan mantan pejabat Pemkab Maros.

Peringatan hari jadi Maros kali ini sekaligus merupakan momentum genap 10 tahun masa kepemimpinan Bupati Maros HM Hatta Rahman dan Wabup HA Harmil Mattotorang.  Dalam sambutannya, Bupati HM Hatta Rahman menuturkan, selama dirinya menahkodai kabupaten Maros, pelaksanaan program pembangunan telah berjalan pada jalur yang tepat;  “…..Pembangunan telah on the track, sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan, sehingga keberhasilannya dapat kita nikmati bersama. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan untuk diselesaikan”.

Sejak tahun 2012 pemerintah daerah telah melaksanakan penggandaan pengeluaran pemerintah pada komponen belanja modal, yang diarahkan untuk infrastruktur jalan, irigasi, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan pertanian. “Kebijakan ini telah menciptakan pertumbuhan ekonomi, yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pembangunan yang kita laksanakan tidak terlepas dari kapasitas fiskal daerah. Dibutuhkan dukungan pembiayaan yang memadai, baik yang bersumber dari pemerintah pusat, provinis, maupun kabupaten,” ungkap beliau.

Berbagai prestasi juga telah ditorehkan Kabupaten Maros, baik di tingkat nasional, maupun di tingkat provinsi dengan total jumlah penghargaan yang diterima sekitar 135.

Dalam Peringatan Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros ini juga dirangkaikan dengan peresmian 6 proyek baru yang ada di Maros, di antaranya peresmian Pasar Rakyat Benteng Gajah, peresmian Pasar Rakyat Bonto Matinggi, peresmian SD Negeri Pakalu 1, peresmian Kantor Dinas Pertanian, peresmian Rumah Susun Aparatur Sipil Negara (ASN) Maros.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur didampingi Wagub Sulsel berkenan menyerahkan bantuan sebesar Rp 25 miliar kepada Pemkab Maros yang diserahkan kepada Bupati HM Hatta Rahman. 

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu pembangunan di Kabupaten Maros, karena kita ketahui, Pemkab Maros mengeluarkan banyak dana dalam menangani wabah Covid-19,”   ungkap Gubernur.    (DisKominfo)

Check Also

Cek Kedisiplinan ASN, Bupati Lakukan Sidak di Hari Pertama Berkantor

Maros –   Pada hari pertama berkantor pasca libur lebaran, Selasa (26/05/2020), Bupati, Wabup dan Sekda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.