Home / Headline / Jaga Daya Beli Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19, Bupati Maros Launching Penyaluran BST

Jaga Daya Beli Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19, Bupati Maros Launching Penyaluran BST

Maros –  Pemerintah dalam upayanya untuk terus membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 menyalurkan beberapa jenis bantuan sosial berupa Bantuan Paket Sembako, Bantuan Langsung Tunai dan Bantuan Sosial Tunia (BST) guna menjaga daya beli masyarakat dimasa pandemi Covid-19 ini.

Khusus untuk Program BST di Kabupaten Maros, Bupati HM Hatta Rahman sendiri yang langsung melakukan Launching Penyaluran dananya kepada warga. Beliau didampingi Perwakilan dari PT Pos Indonesia dan Kadis Sosial Kabupaten Maros, Prayitno pada Rabu (13/5/2020) bertempat di Tribun Utama Lapangan Upacara Palattikang.

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) ini secara simultan dilakukan untuk 222 warga di Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale dan selanjutnya akan menyentuh seluruh Desa/Kelurahan dan Kecamatan se- Kabupaten Maros.

Kepala Dinas Sosial Maros, Prayitno, menuturkan Kabupaten Maros telah mendapatkan jatah sebesar 14.292 untuk seluruh kepala keluarga yang telah didata pada tahun 2015; dimana nantinya mereka akan menerima langsung BST sebesar Rp 600.000 per Kepala Keluarga melalui dua metode pembayaran yakni dengan transfer melalui Bank dan dengan cara Tunai melalui PT POS Indonesia.

Salah seorang Pengelola Data Bantuan Sosial Maros, Darwis, memaparkan; pada data DTKS terdapat 4 kriteria tingkat kesejahteraan masyarakat yakni miskin, sangat miskin, tidak mampu dan rentan kemiskinan.  “…..yang dapat BTS ini keluarga rentan bukan keluarga miskin. Miskin itu penerima PKH dan BPNT. Karena pemerintah menganggap di masa pamdemi Covid-19 ini ketika yang rentan ini tidak diabantu dikhawatirkan akan jadi miskin,” terangnya. 

Sementara, guna mengantisiapasi bantuan yang tidak tepat sasaran, Dinas Sosial Kabupaten Maros telah membentuk Posko Pengaduan jika terdapat warga yang memenuhi kriteria namun tidak memperoleh bantuan, maka ia dapat membuat aduan.   (DisKominfo)

Check Also

Sekda Buka Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan UMKM

Maros –   Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Maros menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.