Home / Headline / Di Desa Bonto Tallasa, Bupati Maros Secara Simbolis Serahkan BLT Dana Desa

Di Desa Bonto Tallasa, Bupati Maros Secara Simbolis Serahkan BLT Dana Desa

MAROS –  Bupati Maros  HM Hatta Rahman  berkenan turun langsung ke lapangan guna melakukan penyerahan BLT Dana Desa Pemerintah Kabupaten Maros di Dusun Pakere Desa Bonto Tallasa Kecamatan Simbang pada Rabu (6/5/2020). Khusus di daerah tersebut, ada sekitar 179 KK penerima bantuan. Bupati didampingi Kadis PMD, H Huzair, Camat Simbang dan Kepala Desa Bonto Tallasa serta dari pihak Polsek setempat, Babinsa, Tenaga Ahli dan Tenaga Pendamping Desa.

Penyerahan BLT sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga yang dananya bersumber dari Anggaran Desa ini adalah kali pertama dilaksanakan. Pada kesempatan tersebut, Bupati HM Hatta Rahman  menjelaskan bahwa Dana Desa telah diubah menjadi BLT mengacu pada Surat Edaran Menteri Desa PDT dan Transmigrasi sebagai salahsatu bentuk penanganan terhadap warga yang terdampak Covid-19.   “Kita serahkan secara simbolis pertama kalinya disini (di Kecamatan Simbang) untuk 80 desa. Ini merupakan Dana DD untuk pembangunan diubah menjadi dana BLT, Dana Desa ini sebelumnya untuk pembangunan, kemudian dialihfungsikan menjadi bantuan BLT”. ungkap Bupati.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19 dalam menghadapi persoalan ekonomi,” imbuh beliau.

Bupati menjelaskan, total anggaran BLT yang bersumber dari dana desa ini sebesar Rp 26 miliar dengan kuota penerima sebanyak 14.534 Kepala Keluarga, sementara untuk penyalurannya sendiri akan dilakukan selama tiga bulan di seluruh wilayah di Kabupaten Maros. BLT Dana Desa ini selain diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 juga diperuntukkan bagi mereka yang tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau tidak terdaftar sebagai penerima bansos dari pemerintah pusat.  “…..jadi bukan hanya terdampak Covid-19 tapi ada 14 kriteria yang harus mereka penuhi,” paparnya.    (DisKominfo)

Check Also

Pastikan Kesiapan Uji Sampel Swab Covid-19, Bupati Sambangi Balai Besar Veteriner Maros

Maros –  Bupati HM Hatta Rahman berkesempatan melakukan lawatan ke Balai Besar Veteriner Maros pada Senin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.