Pengukuhan Tim Pembina Kabupaten Sehat, Forum Kabupaten Sehat dan Forum Kecamatan Sehat

Pengukuhan Tim Pembina Kabupaten Sehat, Forum Kabupaten Sehat dan Forum Kecamatan Sehat


Saat ini, Kabupaten Maros menyandang predikat terbaik kedua dalam penghargaan bidang kesehatan Nasional. Setelah tahun lalu, Bupati Maros, Hatta Rahman mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda dari Menteri Kesehatan.

Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menargetkan penghargaan tertinggi sebagai Kabupaten Sehat, yakni Swasti Saba Wistara dengan penambahan cakupan wilayah dan prioritas tatanan serta perluasan kelembagaan forum komunikasi Kecamatan sehat dan Pokja Kelurahan / Desa sehat.

Olehnya, Bupati Maros, Hatta Rahman mengukuhkan tim Pembina Kabupaten Sehat, Forum Kabupaten Sehat dan Forkom Kecamatan Sehat Kabupaten Maros di ruang pola kantor Bupati Maros, Rabu (29/08/2018). Pengukuhan ini dihadiri langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Sulsel.

Dalam sambutannya, Bupati Maros, Hatta Rahman mengatakan, penghargaan yang telah diraih tidak hanya untuk dipertahankan tapi harus lebih baik. Olehnya, tahun depan ia mendorong agar Maros bisa meraih predikat tertinggi dalam penghargaan kabupaten sehat.

“Kita sangat optimis bisa meraih penghargaan itu. Tapi perlu kita ingat bersama, penghargaan itu hanya sebagai pendorong, yang terpenting itu hasilnya. Ada atau tidak adanya penghargaan, kita harus tanamkan seluruh warga kita harus sehat. Program ini tidak boleh hanya jadi simbolis tapi harus ada konsistensi,” kata Hatta.

Bupati Maros dua priode ini juga berharap agar para Muballig atau dai bisa dilibatkan untuk membangun kesadaran warga, mencintai kesehatan dengan menjaga lingkungannya. Menurutnya, tanpa pelibatan lapisan masyarakat budaya hidup sehat dan bersih akan sulit diwujudkan.

“Membangun fisik itu terbilang mudah, ketimbang membangun sumber daya manusia. Harus ada pelibatan aktif dari semua lapisan masyarakat. Terutama bagi para Muballig, mereka harus dirangkul untuk ikut memberikan kesadaran pada warga secara luas,” ujarnya.

Pengukuhan tersebut, berdasarkan Keputusan Bupati Maros Nomor 1398/KPTD/440/IV/2018 Tentang penetapan tatanan dan wilayah dalam rangka penyelenggaraan kabupaten sehat Kabupaten Maros 2018-2019. Ditetapkan cakupan wilayahnya mencapau 14 kecamatan dan 103 desa dan kelurahan dengan 7 prioritas tatanan.


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: