313 Calon Jamaah Haji Maros Mengikuti Manasik Haji

313 Calon Jamaah Haji Maros Mengikuti Manasik Haji


Sebanyak 313 calon jamaah haji (CJH) asal Maros menjalani manasik haji yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Maros bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Maros

Kepala Kemenag Maros H Syamsuddin menjelaskan, manasik haji ini digelar selama empat hari dan wajib diikuti seluruh CJH. Dalam manasik haji tersebut, CJH diberikan pembekalan tentang kondisi dan persiapan mereka di tanah suci. “Saat ini memang waktunya manasik haji, karena dalam dua pekan lagi mereka akan masuk asrama haji,” jelasnya.

Kemenag menambahkan, dari 313 orang CJH asal Maros terdapat empat orang masuk dalam resiko tinggi (ristik). Rata-rata mereka berusia 80 ke atas. Bahkan salah seorang CJH asal Kecamatan Camba Dg Mahmud Lanre berusia 89. Sementara itu CJH yang paling muda berusia 20 tahun. 

“Dg Lanre asal Kecamatan Camba, dia masuk dalam daftar tunggu sejak 2009, dan baru berangkat saat ini. Dia berangkat bersama anak-anaknya. Tapi saat ini kondisinya masih sehat. Cuma dia tak ikut manasik haji. Nantinya ketika disana, mereka akan memakai kursi roda,” bebernya. 

Terkait jumlah daftar tunggu haji di kabupaten Maros saat ini sudah mencapai 9.308 orang, dan mereka menunggu hingga 20 tahun. Hal itu disebabkan karena jatah setiap tahun kabupaten Maros hanya 313 orang setiap tahun.


Leave a Reply

Kabar Terbaru

%d bloggers like this: