Home / Sosial / Demo Hardiknas, Bupati Maros Temui Mahasiswa

Demo Hardiknas, Bupati Maros Temui Mahasiswa

Maros – Bupati Maros HM Hatta Rahman menemui mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi dan melakukan dialog langsung di pelataran kantor Bupati Maros, Kamis (2/5/2013). Mahasiswa itu berasal dari Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Maros, aksi demontrasi mereka gelar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Mahasiswa
Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Para Mahasiswa. (Foto: Ilo)

Awalnya mahasiswa itu berdemo di depan kantor Bupati Maros, sembari menunggu Bupati Maros menerima aspirasi mereka, demonstran berorasi kurang lebih 30 menit.

Saat ditemui Bupati Maros, mereka langsung membacakan tuntutan yang dibacakan koordinator aksi Muh Syadiq, tuntutan itu diantaranya berisi menghapus segala pungutan liar (pungli) di institusi pendidikan, mulai jenjang SD hingga SMA. Mereka juga menuntut menerapkan secara optimal dan menyeluruh pelaksanaan pendidikan gratis, serta menghapuskan pelaksanaan ujian nasional di tahun berikutnya.

Di hadapan mahasiswa, Bupati Maros HM Hatta Rahman menjelaskan kalau pelaksanaan pendidikan gratis telah menjadi komitmen Pemkab Maros dengan memberikan kemudahan akses pendidikan, selain itu sarana-prasarana pendidikan juga menjadi perhatian.

“Untuk pungli di institusi pendidikan, kami meminta data yang jelas agar jika memang terbukti, kami dapat melakukan tindakan tegas,” ujarnya dihadapan puluhan demonstran.

Sementara untuk bantuan pendidikan, Pemkab Maros telah menyiapkan bantuan pendidikan untuk siswa dan mahasiswa miskin dan berprestasi. Namun Pemkab Maros berharap organisasi kemahasiswaan ini dapat membantu menyampaikan data siswa dan mahasiswa miskin dan berprestasi yang bisa diberikan bantuan.

Tentang menghapuskan pelaksanaan ujian nasional, Pemkab Maros akan menyambungkan aspirasi tersebut dengan pemerintah pusat. Usai berdialog, para mahasiswa ini berfoto bersama Bupati Maros. (Ilo)

Check Also

Seiring Percepatan Program Kabupaten Inklusi, Bupati Maros Targetkan 2024 Seluruh Desa di Maros Jadi Desa Inklusi

MAROS – Inklusi Day 2023 Kemitraan Australia-Indonesia kini digelar di dusun terluar Kabupaten Maros, yakni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.