Home / Headline / Di Momen Peringatan Hari Ibu, Pesan Wabup: Kepedulian Ibu Terhadap Tetangga Yang Berisiko Stunting Sangat Penting!

Di Momen Peringatan Hari Ibu, Pesan Wabup: Kepedulian Ibu Terhadap Tetangga Yang Berisiko Stunting Sangat Penting!


Maros_Pada momentun peringatan Hari Ibu, Wakil Bupati Maros Hj.Suhartina Bohari mengimbau para ibu-ibu untuk lebih peduli terhadap tetangga yang memiliki anak resiko
Gejala stunting.

Hal ini Wabup sampaikan saat menjadi Narasumber Talkshow Diskominfo-SP di Studio Maros FM, mengusung tema ” Hari Ibu 2023 dan Peran Perempuan Berdaya untuk Maros Merdeka Stunting, yang disiarkan live pada kanal resmi youtube pemerintah Kabupaten Maros, Rabu (20/12/2023).

Ia mengungkapkan, banyak program yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Maros untuk menekan angka stunting, dapat dilihat pada data SSGI, prevalensi stunting pada tahun 2022 diurutan delapan tertinggi stunting dibandingkan tahun 2021 diurutan kedua tertinggi stunting.

“Stunting ini permasalahan global, untuk mencapai generasi emas tahun 2045 dilakukan mulai sedini mungkin untuk mencegah stunting”

Pemerintah Kabupaten Maros juga turut terlibat dengan meningkatkan akses ke posyandu, memberikan bantuan gizi, dan mengadakan program edukasi bagi orang tua. Keterlibatan aktif dari semua lapisan masyarakat menciptakan atmosfer kolaboratif yang bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Maros semuanya telah dilakukan.

Ia pun mengimbau agar ibu-ibu di Kabupaten Maros, selain memperhatikan protein dan gizi anaknya sendiri, wabup juga berharap ibu-ibu juga membantu pemerintah untuk menekan angka stunting di Kabupaten Maros dengan cara melihat, meneliti dan menjadi pengawas terdekat ke masyarakat khususnya tetangga masing-masing jika nampak gejala stunting untuk segera laporkan ke pemkab Maros.

” tidak ada ruginya memperhatikan tetangga sekitar rumah, ayo lebih peduli kepada tetangga kalau ada tetangga yang hamil ataupun sudah melahirkan, tanyakan kondisi anaknya, jika ada terlihat gejala stunting laporkan ke posyandu atau puskesmas terdekat, menginformasikan kepada pemerintah itu jauh lebih berharga dibandingkan tidak beraksi apapun”ucapnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Rieneke Rolos, nutrisi dan gizi yang mencukupi mampu mencegah stunting, namun pemenuhan akses air minum yang bersih juga penting. ketidakamanan sanitasi dapat memicu penyebaran penyakit dan infeksi, yang secara tidak langsung dapat menghambat pertumbuhan anak. Anak-anak yang terpapar berulang kali pada bakteri dan kuman berpotensi mengalami gangguan penyerapan nutrisi, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi tinggi badan dan perkembangan fisik mereka.

“Punya toilet di rumah saja kita anggap sudah aman, padahal banyak hal yang harus diperhatikan, sanitasi yang aman itu harus kedap, kiri kanan bawah harus tertutup, karena mencemari lingkungan, dan bisa menyebabkan stunting. Sanitasi aman dan air bersih bukan hanya tentang kesehatan fisik, tetapi juga kunci untuk memastikan penyerapan nutrisi yang baik. Anak-anak yang hidup di lingkungan bersih dan mendapatkan akses air bersih cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih baik.”

Lebih lanjut, USAID IUWASH Tangguh memiliki program Tetangga Tangguh yaitu memberikan dukungan teknis dan bantuan untuk meningkatkan infrastruktur sanitasi lokal, menciptakan toilet ramah lingkungan, dan mempromosikan kebiasaan hidup sehat.

“Tetangga Tangguh bukan hanya tentang membangun fasilitas, tetapi juga memberdayakan komunitas untuk berkolaborasi menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Bersama-sama, kami menjadikan setiap rumah dan lingkungan sebagai basis untuk lingkungan yang lebih bersih dan sehat” tutupnya (DisKominfo-SP)

Check Also

Selain di Rammang-Rammang, Bupati Maros Bersama Pj Gubernur Sulsel Lakukan Penanaman Pohon Sukun di TWA Bantimurung

Maros–  Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin untuk  kembali melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.