Home / Headline / Semarakkan Peringatan HKN Tingkat Kabupaten Maros, Dinkes Gelar Sejumlah Kegiatan

Semarakkan Peringatan HKN Tingkat Kabupaten Maros, Dinkes Gelar Sejumlah Kegiatan

Maros-  Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2023, pada Jumat (03/11/2023) Dinas Kesehatan Kabupaten Maros  menggelar kegiatan pengukuran tekanan darah serentak, screening kesehatan, edukasi gizi, senam jantung dan GERMAS yang di laksanakan di 14 lokus/kecamatan di wilayah Kabupaten Maros dimana SMA Negeri 1 Maros menjadi lokus utama pelaksanaan kegiatan.

Jumlah peserta yang diperiksa pada kegiatan ini sekitar 3857 orang, melibihi dari target yang ditetapkan provinsi sebanyak 2500 orang.

Kegiatan  Pengukuran Tekanan Darah ini di laksanakan serentak di Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dilaksanakan setiap tanggal 12 November.

Tema HKN tahun 2023 ini adalah “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”. Berbagai kegiatan untuk semarakkan HKN kali ini dimaksudkan untuk mempromosikan serta mendorong Kesadaran/kepedulian masyarakat tentang hipertensi sehingga masyarakat mau untuk terus melakukan screening dengan melakukan pengukuran tekanan darahnya.

Tekanan Darah tinggi yang disebut dengan Hipertensi merupakan masalah kesehatan global. tercatat sekitar 1,13 Miliar orang di dunia menyandang hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis Hipertensi (WHO, 2016).

Di Indonesia sendiri, angka Hipertensi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dilihat dari data Riskesdas 2018 yaitu 34,1% (4 dari 10 orang), dibandingkan data Survei Indikator Kesehatan Nasional (SIRKESNAS) 2016 yaitu 32,4% (3 dari 10 orang). sementara itu prevalensi hipertensi di Provinsi Sulawesi Selatan Sebesar 31,7% berdasarkan Riskesdas 2018.   (Dinas Kesehatan Maros)

Check Also

Pemkab Maros Gelar Job Fair 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP-TK) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.