Home / Headline / Kadis Kominfo-SP Maros Kunjungi 2 Desa Lokus Monev Pelaksanaan KIP 2022

Kadis Kominfo-SP Maros Kunjungi 2 Desa Lokus Monev Pelaksanaan KIP 2022


Maros_Jelang Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik(KIP) 2022, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Maros mengunjungi Kantor Desa Samangki dan Kantor Desa Sambueja Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, Rabu (30/08/2023).

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Kadis Kominfo-SP Andi Baso Arman mengungkapkan hal ini dilakukan untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada desa yang menjadi lokus Monitoring Evaluasi KIP tahun 2022.

“Kedatangan kami di sini untuk mengetahui apa kendala-kendala yang dialami, mengenai jaringan internetnya, websitenya ataupun kendala lainnya yg menghambat kinerja pegawai Kantor Desa dalam menyelesaikan kebutuhan Monev KIP nantinya”

Monev KIP nantinya dilaksanakan oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, monev dilakukan bertujuan untuk mewujudkan pemerintah yang transparan dan akuntabel. Dimana ini dilakukan secara metodologi yang jelas dan terukur objektif sehingga tidak ada ruang-ruang untuk memanipulasi hasil dari monitoring evaluasi.

“Pelaksanaan monev nantinya, data-data yang telah dilengkapi oleh kedua Desa akan dinilai daei pihak luar, penilaiannya pun lebih cermat mengevaluasi maupun menilai kekurangan-kekurangan yang ada pada badan publik” jelas kadis kominfo.

Tahun lalu Desa Pa’bentengang Kecamatan Marusu Kabupaten Maros masuk kategori cukup informatif dengan nilai 65,15. Diharapkan tahun ini Desa Samangki dan Desa Sambueja di Kecamatan Simbang bisa mencapai cukup informatif juga.

Dengan arahan Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam maka kami pihak Diskominfo Maros berkoordinasi langsung dengan kepala Desa setempat agar kendala yang telah disampaikan untuk segera ditindak lanjuti. Agar monev yang merupakan program nasional ini sebagai bentuk sinergitas antar kementerian dan lembaga, sesuai tujuan dari Undang-undang KIP yaitu untuk mewujudkan Good Government.

Sementara itu, Kepala Desa Samangki menyampaikan ungkapan terimakasih Kepada Kadis Kominfo-SP Maros yang telah menyempatkan waktu untuk mendukung proses monev KIP nantinya serta berharap kendala yang ada dapat terselesaikan dengan cepat.(DisKominfo-SP)

Check Also

Didampingi Wabup, Bupati Maros Resmi Tutup Rangkaian Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan 2024

Maros–  Hari terakhir pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan tahun 2024, Selasa (06,02/2024),.resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.