Home / Headline / Bupati Maros Resmikan Bank Sampah Induk di Kecamatan Marusu

Bupati Maros Resmikan Bank Sampah Induk di Kecamatan Marusu

Maros–  Bupati Maros HAS Chaidir Syam melakukan peresmian Bank Sampah Induk Kecamatan Marusu Desa Nisombalia, Rabu (09/08/2023). Bank Sampah tersebut merupakan sebuah bangunan yang dibuat untuk dimanfaatkan sebagai tempat pengumpulan samapah dan  dikelola oleh warga desa setempat.

Bupati menyampaikan, bank sampah ini cukup baik untuk dikembangkan karena selama ini sampah belum memberikan nilai tambah bagi masyarakat secara umum.

“dengan adanya bank sampah ini, sampah bisa diolah untuk mendatangkan nilai ekonomis bagi warga sekitar,”  tutur Bupati.

Dengan bank sampah ini pula diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“saya berharap, masyarakat sekitar mampu menjadi pelopor dalam mengurangi timbunan sampah sekali pakai dan bertanggung jawab memilah sampah dari lingkungan masing-masing,”  ujar Bupati.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, dalam penanganan masalah persampahan, hal terpenting yakni keseriusan kita dalam pengelolaannya agar bisa berdamai dengan kondisi, memanfaatkan sampah dan menjadikannya atau mengolahnya suatu produk yang memiliki nilai ekonomis.

Hal ini seperti yang dicita-citakannya dalam mengatasi masalah sampah yang dilakukan dari desa ke desa sehingga pembangunan Bank Daur Ulang tersebut merupakan contoh yang akan familiarisasi di berbagai wilayah di Kabupaten Maros.

“Saya berharap ini dapat dicontoh oleh seluruh Kecamatan atau desa di Kabupaten Maros. Di setiap desa supaya ada satu atau dua bank sampah bagi desa yang besar, Pemkab akan dukung sepenuhnya sehingga kita bisa bergerakak bersama mewujudkan Maros yang bersih, sehat dan minim tumpukan sampah,” pungkas Bupati.   (DisKominfo-SP)

Check Also

Wakapolri Launching Percepatan Penyaluran Bantuan Pangan Serentak 24 Kabupaten/Kota Se-Sulsel

MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.