Home / Ekonomi / Optimalisasi Peran PLUT-KUMKM, Pemkab Maros Hadiri Rakor Kemenkopukm

Optimalisasi Peran PLUT-KUMKM, Pemkab Maros Hadiri Rakor Kemenkopukm

Maros_UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT KUMKM) Kabupaten Maros mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) program PLUT-KUMKM tahun 2023 di Hotel Mercure Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.

Rakor yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 29 Mei – 01 Juni 2023 dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Dan Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan penandatanganan kerjasama PLUT dengan beberapa stakeholder.

Rakor yang digelar oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkopukm) mengusung tema: Transformasi PLUT KUMKM menuju UMKM Naik Kelas. Bertujuan untuk koordinasi program dan optimalisasi peran PLUT-KUMKM dalam pendampingan usaha yang inklusif kepada pelaku Koperasi, UMKM dan Wirausaha.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh menteri KOPUKM, Teten Masduki dan langsung disaksikan langsung oleh 87 PLUT KUMKM se-Indonesia yang hadir mengikuti Rakor.

Dalam sambutannya, teten Masduki menyatakan pihaknya akan terus mendorong UMKM untuk berevolusi, tidak terus berada di usaha mikro dan berproduksi di sektor rendah teknologi.

Sementara itu, pengelola PLUT-KUMKM Kabupaten Maros, Fajrin yang berkesempatan hadir dalam rakor ini menjelaskan tentang pembahasan pada rapat koordinasi ini mengenai pencapaian hasil kinerja PLUT-KUMKM Tahun 2022, penetapan target kinerja dan Konsultan/pendampingan PLUT-KUMKM tahun 2023.

Pentingnya kolaborasi dengan berbagai Stakeholder untuk penguatan layanan PLUT serta sosialisasi mengenai arah pengembangan dan rancangan Permenkop UKM tentang Pengelolaan PLUT-KUMKM.

Menurutnya, PLUT di Kabupaten Maros terbilang baru maka langkah awal yang wajib dilaksanakan adalah Pembentukan UPTD / BLUD untuk Plut sentrimas Maros dahulu, dan mengenai target kinerja yg diajukan, Pemkab Maros melalui Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Maros optimis bisa mencapai target yang ditetapkan oleh Kemenkopukm.

” kami optimis bisa mencapainya karena meskipun PLUT Maros adalah yang termuda di Sulawesi Selatan namun dari seluruh Plut yang baru didirikan di tahun 2022 sistem Kolaborasi kemitraan Plut Maros adalah yang tercepat “

Hal ini dianggap menarik oleh Deputi bidang Kewirausahaan Kemenkopukm Sitti Azizah, Sistem kemitraan PLUt Maros justru sudah terbangun baik dengan adanya kolaborasi dari beberapa perguruan tinggi , Halal Centre dan BUMN, bahkan terobosan ini adalah tercepat diantara seluruh PLUT yang baru didirikan pada tahun 2022.

” PLUT Maros ini Unik dan gercep ya, struktur kemitraannya sudah sangat baik, terbukti sudah bermitra dengan unsur perguruan tinggi, halal center dan BUMN, saya rasa kinerja ini bisa menjadi role model bagi PLUT baru yang seangkatan dengan PLUT Maros, bahkan beberapa PLUT lama harus banyak mengadopsi apa yang telah dilakukan PLUT Maros” Ungkapnya.

Siti Aziza menambahkan, setelah Rakor diharapkan menambah semangat dan motivasi untuk terus berkarya positif serta mewujudkan peran PLUT sebagai lembaga yang menghadirkan jasa layanan yang komprehensif dan terpadu bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM. (DisKominfo-SP)

Check Also

Wakapolri Launching Percepatan Penyaluran Bantuan Pangan Serentak 24 Kabupaten/Kota Se-Sulsel

MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, bersama Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.