Home / Headline / Kabupaten Maros / Bupati HAS Chaidir Syam Minta Program Kerja Perangkat Daerah Fokus pada Pencapaian Visi-Misi Pemerintahan

Bupati HAS Chaidir Syam Minta Program Kerja Perangkat Daerah Fokus pada Pencapaian Visi-Misi Pemerintahan

Bupati Maros, HAS Chaidir Syam minta program kerja perangkat daerah bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang merefleksikan visi-misi pemerintahannya.

Hal ini disampaikan Bupati saat membuka Rapat Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Maros yang diselenggarakan di Baruga B Kantor Bupati, Kamis (09/03/2023).

Bupati menuturkan, tahun 2024 nanti memasuki tahun keempat kepemimpinannya. Masa kepemimpinan yang terhitung lebih singkat yakni empat tahun, beliau berharap semua program, visi-misi dapat terealisasi.

“Jika tidak ada perubahan siklus, 2024 menjadi tahun terakhir kepemimpinan kami. Mudah-mudahan semua program yang sudah kita rencanakan dapat terealisasi secara optimal sesuai target,” tutur Bupati.

Beliau menegaskan, Forum Lintas Perangkat Daerah adalah kegiatan yang sangat penting dan strategis, hal ini untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2024.

“…begitu pun untuk menentukan rancangan APBD kita 2024. Anggaran Pilkada akan diserahkan Kepada Daerah, ini menjadi beban berat bagi kita, Pilkada lalu saja menghabiskan dana sebesar Rp60 miliar,” ujar beliau.

Karenanya, sangat penting bagi para Kepala Perangkat Daerah/Camat, Perwakilan untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas dalam memenuhi target 2024. “Satu OPD satu inovasi, kita harus berpikir agar program terlaksana tanpa biaya besar tetapi menghasilkan output yang besar,” harap beliau.

Bupati juga mengapresiasi kinerja Sekda Maros, Kepala OPD/Camat dan seluruh yang terlibat atas segala pencapaian di tahun 2022 yang menurutnya sungguh luar biasa. 

“…termasuk capaian keuangan, akibat Covid-19, anggaran kita sempat tergerus Rp150 miliar. Pertumbuhan ekonomi kita sempat -10,87%, 2022 alhamdulilah meningkat hingga 9,13%,” beber Bupati.

Begitu juga halnya dengan prioritas untuk kemudahan memperoleh akses 20 ribu peluang kerja dan bisnis baru, hingga kerjasama dengan kampus-kampus dan lembaga penelitian untuk pengembangan SDM.

“Ini sudah berjalan, seperti Dinas Pertanian yang telah melahirkan Program YESS (Youth Enterpreneurship andEmployement Support Services), mendorong Lahirnya Petani Milenial di Maros. Beberapa pelatihan ekonomi kreatif oleh Dinas Pariwisata. Tahun ini kita juga akan memperoleh sertifikat dan pengakuan UNESCO global Geopark”.

Sementara itu, Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Maros, Najib menyebutkan, proses penyusunan RKPD Kabupaten Maros tahun 2024 telah memasuki tahap penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja  Perangkat Daerah.

“Total jumlah usulan 2300. Dengan rincian usulan masyarakat melalui Musrenbang 1564 usulan. Dan usulan masyarakat melalui reses/pokir DPRD 736 usulan,” sebutnya.

Aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan ini kemudian akan menyempurnakan rancangan kebijakan rencana kerja Perangkat Daerah dan rencana kerja Pemerintah Daerah.

Check Also

Selain di Rammang-Rammang, Bupati Maros Bersama Pj Gubernur Sulsel Lakukan Penanaman Pohon Sukun di TWA Bantimurung

Maros–  Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin untuk  kembali melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.