Home / Headline / Sambutan Bupati HAS Chaidir Syam pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Maros

Sambutan Bupati HAS Chaidir Syam pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Maros

Maros–  Bupati Maros HAS Chaidir Syam bertindak selaku pembina pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 tingkat Kabupaten Maros yang berlangsung di Lapangan Pallantikang, Sabtu (22/10/2022).  

Upacara dihadiri pula Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari dan Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maros, para Kepala OPD, para Tokoh Agama se-Kabupaten Maros serta ratusan santri yang berasal dari berbagai Pondok Pesantren di Kabupaten Maros.

Tahun ini, Peringatan HSN mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” memiliki makna bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif disetiap fase perjalanan Indonesia.

Bupati Maros HAS Chaidir Syam menyampaikan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan peran para santri. Hal ini sebagaimana Presiden Pertama RI Ir Soekarno saat mengunjungi para Kyai, khususnya KH Hasyim Asy’ari dan para ulama di Kota Surabaya untuk menentukan tanggal Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Melalui momentum ini, Bupati pun mengajak semua peserta upacara bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di Medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Banyaknya pondok pesantren di Kabupaten Maros diyakini akan sangat membantu Pemkab Maros dalam meningkatkan kualitas akhlak dan Pendidikan Generasi Muda di daerah ini.

“Pendidikan di Pesantren salahsatu solusi dalam mendidik dan membentengi anak kita dari pengaruh negatif di era globalisasi ini”.

Bupati juga mengimbau kepada para pimpinan pondok, jajaran pengajar/pengasuh dan para santri untuk lebih meningkatkan peran masing-masing dalam mempersiapkan dan mewujudkan generasi muda mandiri, berkarakter dan berakhlak mulia.

“Masa depan bangsa ada ditangan generasi muda,kita berharap semoga santri dan santriwati terus berkiprah dan mendapatkan pendidikan lebih baik lagi di pesantren agar kedepannya mereka bisa berkiprah dan menggapai cita-cita tertinggi” tutur Bupati.  (DisKominfo)  

Check Also

5 Tahun Berturut-Turut Raih Opini WTP, Pemkab Maros Diganjar Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

Maros– Pemerintah Kabupaten Maros menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia dengan capaian Opini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.