Home / Headline / Selaku Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Maros, Bupati Didampingi Wabup Pimpin Apel Akbar Peringatan Hari Pramuka ke-61

Selaku Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Maros, Bupati Didampingi Wabup Pimpin Apel Akbar Peringatan Hari Pramuka ke-61

Maros—   Pemerintah Kabupaten Maros bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Maros melaksanakan Peringatan Hari Pramuka ke-61 dengan Apel Akbar di Bumi Perkemahan Hombes Lama Simbang dan Edukasi (Surandrar), Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sabtu (17/9/2022).

Di hadapan peserta apel akbar, Bupati Maros HAS Chaidir Syam  selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Maros didampingi Wabup Hj Suhatina Bohari selaku Ketua Kwartir Pramuka Cabang Maros membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Disampaikan, peringatan Hari Pramuka tahun ini sekaligus memperingati 110 tahun Eksistensi Gerakan Kepanduan di Indonesia dimana Gerakan kepanduan telah ada sejak 1912 di alam Indonesia. Suatu hal yang menurut beliau patut disyukuri hingga kini kita masih dapat berkembang di gerakan pramuka.

Tema yang diusung pada peringatan hari pramuka kali ini adalah “mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa”. Menurutnya beliau, tema ini sejalan dengan tekad para penggerak pramuka.

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka,” tutur Bupati.

Bupati selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Maros ini juga menuturkan, segala bentuk pengabdian telah sesuai dengan kode kehormatan pramuka. Kode tersebut yakni Dwi Satya dan Dwi Dharma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Dharma untuk golongan pramuka lainnya.

“Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah didik untuk memberikan perhatian terhadap sesama. Hal ini dibiasakan dengan cara-cara sederhana, dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan disekitar tempat tinggal,” terang Bupati.

Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan, sejumlah kegiatan kepramukaan yang berskala nasional telah dilaksanakan tahun ini antara lain Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) tingkat Nasional di Bangka Belitung serta perkemahan bela negara di Bengkulu.    (DisKominfo)

Check Also

Pada Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Dikukuhkan Sebagai Pembina TAGANA oleh Dirjen Kemensos

Maros–  Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico mewakili Menteri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.