Home / Headline / Wabup Hj Suhartina Bohari Gelar Kegiatan Jelajah Literasi Sekolah

Wabup Hj Suhartina Bohari Gelar Kegiatan Jelajah Literasi Sekolah

Maros–  Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari yang juga selaku Bunda Literasi Maros melaksanakan kegiatan bertajuk Jelajah Literasi Sekolah ke 14 kecamatan se-Kabupaten Maros. Pelaksanaan kegiatan tersebut didukung Pendamping Tim Literasi dan Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Maros yang kegiatannya dipusatkan di SDN 48 Bonto Kapetta-Kecamatan Lau, Senin (08/03/2022).

Kegiatan ini dihadiri Bunda Literasi Kecamatan Lau dan Kecamatan Bontoa serta para Kepala Sekolah SD dan SMP baik Negeri maupun Swasta/Yayasan yang ada di 2 kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Wabup Hj Suhartina Bohari menyampaikan, Sosialisasi Gerakan Bunda Literasi ini tentunya dimaksudkan agar semua tingkat satuan pendidikan dan masyarakat bergerak secara bersama, berkolaborasi dan membangun sinergitas yang solid menghantarkan Maros menjadi Kabupaten Literasi.

Lebih lanjut Wabup Hj Suhartina Bohari yang juga selaku Bunda Literasi menandaskan bahwa literasi itu harus dikenal dan dikembangkan untuk mencerdaskan masyarakat, menuju masyarakat sejahtera dan berdayasaing sesuai Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Maros. Salahsatu wujud pengembangan literasi yakni Literasi Finansial dalam bentuk satu Siswa Satu Rekening atau One Student One Account. Untuk mewujudkan Literasi Finansial tersebut Bunda Literasi menggandeng pihak Perbankan yakni Bank Sulselbar dan membuatkan rekening tabungan kepada seluruh Siswa SD 48 Bontokapetta sebagai percontohan di Kecamatan Lau dan Kecamatan Bontoa. Beliau (Wabup) berharap gerakan ini akan dikuti oleh sekolah-sekolah lain sebagai wujud pembelajaran kemandirian ekonomi kepada siswa.   

Selain Gerakan Satu Siswa Satu Rekening, Bunda Literasi juga mengkampanyekan Program Literasi Lingkungan dengan menggunakan tumbler sebagai media minum dan menghindari air minum kemasan yang nantinya berpotensi sebagai penyumbang sampah. Gerakan ini diharapkan setidaknya dapat berkontribusi membantu pemerintah dalam meminimalisir sampah plastik di Kebupaten Maros.

Sementara itu, salah seorang Tim Pendamping Literasi Kabupaten Maros, St Fatimah Achmad, menjelaskan bahwa jelajah literasi ini sebagai wujud sosialisasi program literasi dan mengajak warga utamanya satuan pendidikan untuk bersama dalam satu gerakan untuk mewujudkan Maros sebagai Kabupaten Literasi. Dalam kunjungannya ini, Ia memberikan 6  pandangan dasar literasi yang meliputi: baca tulis, finansial, sains, numerasi, budaya digital dan  budaya lingkungan.

Kegiatan Jelalah Literasi ini akan berlangsung selama seminggu dan diagendakan bertemu Bunda Literasi di 14 Kecamatan serta Kepala UPTD SD dan SMP se-Kupaten Maros untuk menyamakan persepsi dalam mewujudkan Maros menjadi Kabupaten Literasi.  (Maros FM, DisKominfo)

Check Also

Jaga Netralitas ASN, TNI dan POLRI pada Pemilu 2024, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Buka Kegiatan Sosialisai

Maros–  ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.