Home / Headline / Bupati Maros HAS Chaidir Syam Hadiri Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kereta Api

Bupati Maros HAS Chaidir Syam Hadiri Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kereta Api

Maros–   Bupati Maros HAS Chaidir Syam didampingi Sekda A Davied Syamsuddin mengikuti rapat percepatan pembangunan infrastruktur kereta api Makassar-Parepare  dengan pihak Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan di Ruang Rapat Bupati, Jum’at (28/01/2022).  

Rapat yang digelar hybrid dihadiri secara tatap muka oleh Kepala BPKA Sulsel, Perwakilan BPKP Sulsel dan OPD terkait Lingkup Pemkab Maros. Untuk rapat virtualnya, dihadiri Perwakilan Ditjen Perkeretaapian, Perwakilan Biro Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Barang Milik Negara (LPPBMN) serta Inspektorat Jenderal.

Bupati Maros HAS Chaidir Syam pada kesempatan itu menyampaikan bahwa di Kabupaten Maros sendiri, ada 3 titik stasiun kereta api yakni di Rammang-Rammang, Mandai dan di wilayah Kota Maros. Penamaan stasiun masih dalam pertimbangan Pemerintah Kabupaten Maros dengan harapan penamaan stasiun tersebut nantinya merepresentasi daerah ini. Namun sejauh ini, baru Stasiun Rammang-Rammang yang telah ditetapkan namanya sementara penamaan 2 stasiun lainnya masih didiskusikan dengan sejumlah pihak. Untuk hal ini, Pemkab Maros juga menerima masukan dari masyarakat dengan pertimbangan sebagai cerminan budaya lokal.

“Stasiun Rammang-Rammang menurut kami sudah tepat, kami upayakan dalam minggu ini akan rampung penamaan dua stasiun kereta api yang lain, saat ini sudah ada beberapa masukan nama tapi kami masih akan mendiskusikannya. Harapannya dengan penamaan ini dapat mencerminkan budaya lokal dari Kabupaten Maros”  ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan dukungan Pemerintah Kabupaten Maros dalam pembangunan akses jalan stasiun kereta api sebab menurut beliau, dengan adanya stasiun ini akan menjadi salahsatu jalan menuju makin berkembangnya perekonomian masyarakat Kabupaten Maros.

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, A Ammana Gappa memaparkan infrastruktur akses jalan stasiun kereta api bisa jadi etalase kedaerahan, hal ini menjadi salahsatu upaya Pemkab Maros mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada.

Lebih lanjut, A Ammana Gappa menyampaikan, untuk saat ini pembangunan masih terkendala dengan cuaca yang kurang mendukung, namun jika cuaca sudah mulai membaik, pembangunan akan dilanjutkan dan ditargetkan jalan akses stasiun kereta api akan rampung pada bulan Agustus. Peresmian rel kereta api ditargetkan pada bulan Oktober tahun ini oleh Presiden RI.  (DisKominfo)

Check Also

Bupati HAS Chaidir Syam Gelar Sidang PPL Redistribusi Tanah Kabupaten Maros Tahun 2022 Bersama Pihak BPN

Maros–  Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam S.I.P memimpin Sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL), Redistribusi Tanah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.