Home / Headline / Maros Boyong 2 Penghargaan di Ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 Tingkat Provinsi Sulsel

Maros Boyong 2 Penghargaan di Ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 Tingkat Provinsi Sulsel

Maros–  Kabupaten Maros memperoleh Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kategori Kabupaten Cukup Informatif tahun 2021. Selain penghargaan Tingkat Kabupaten, dalam perhelatan sekali setahun yang diberikan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan itu, untuk Tingkat Desa, Desa Bonto Tallasa juga meraih award sebagai Desa Cukup Informatif.

Penyerahan kedua jenis penghargaan tersebut diserahkan Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani didampingi Ketua KIP Sulsel, Pahir Halim  kepada Bupati Maros HAS Chaidir Syam dan Kepala Desa Bonto Tallasa di Hotel The Rinra-Makassar mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Maros, Rabu (15/12/2021). Turut mendampingi Bupati pada acara penyerahan penghargaan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Maros, Agustam, dimana bidang Keterbukaan Informasi Publik merupakan domain dari Dinas Kominfo.

Dalam sambutannya, Sekprov Sulsel menyampaikan:  “…..penghargaan  ini bukan merupakan tujuan utama namun yang utama yakni motivasi kedepan agar OPD, Desa dan  Kabupaten/Kota agar bisa lebih maksimal lagi dalam persoalan keterbukaan informasi publik”. Menurutnya, ada 2 hal penting yang harus terus ditingkatkan yakni menyerap Informasi masyarakat dan memberikan informasi yang sehat.

Sementara itu, Bupati Maros HAS Chaidir Syam  mengatakan ada 9 kabupaten/kota di Sulsel yang meraih penghargaan dengan predikat Cukup Informatif ini dan Maros salahsatunya. Menurut Bupati, indikatornya pun cukup jelas diantaranya  terkait pengembangan website, pengumuman informasi publik dan pelayanan informasi Publik.

Terkait Prestasi Desa Bonto Tallasa, Bupati berharap seluruh desa di Maros bisa mencontoh inovasi terkait keterbukaan informasi publik yang dilakukan desa ini karena kondisi era digital saat ini butuh penyelarasan dan kita tidak boleh tertinggal dengan arus teknologi dan informasi yang kian hari kian berkembang pesat.

Ada tiga kategori yang dilombakan yakni Kategori Cukup Informatif, Menuju Informatif dan Informatif. Sebelumnya, Bupati telah memaparkan terkait inovasi yang dilakukan dalam Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Maros di hadapan Tim Juri yang akhirnya mengantarkan Maros meraih award tersebut.    (Maros FM, DisKominfo)

Check Also

Pada Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Dikukuhkan Sebagai Pembina TAGANA oleh Dirjen Kemensos

Maros–  Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico mewakili Menteri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.