Home / Headline / MAROS RAIH PENGHARGAAN TROPI PROKLIM UTAMA DARI KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RI

MAROS RAIH PENGHARGAAN TROPI PROKLIM UTAMA DARI KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RI

Maros – Dusun Rammang-Rammang Desa Salenrang -Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros patut berbangga karena berhasil meraih Penghargaan Tropi Program Kampung Iklim (Proklim) Utama 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Selasa (19/10/2021).

Pengumuman Penghargaan ini berlangsung pada Acara Puncak Festival Iklim 2021 yang dilaksanakan secara Hybrid  dengan tema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan.

Penghargaan Tropi Proklim Lestari ini akan diserahkan secara langsung (tatap muka) di Arboretum Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, sementara Penyerahan Tropi Proklim Utama Secara Virtual di Ruang Teleconference Kantor Bupati Maros.

Tahun ini ada 54 Penerima Penghargaan Tropi Proklim Utama, khusus untuk daerah Sulawesi Selatan sendiri, ada 6 Kabupaten yang meraihnya yakni Kabupaten Maros, Bulukumba, Jeneponto, Sinjai, Soppeng dan Kabupaten Wajo.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup  A Rosman  beserta jajarannya menerima secara simbolis Penghargaan yg diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini via zoom meeting di Ruang Teleconference Pemkab Maros.

Ditemui usai penerimaanacara, Andi Rosman mengatakan dengan diterimanya Tropi Utama ini menjadi suatu hal yang baik dan tentunya membanggakan, harapannya, dengan penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi Desa dan Dusun lainnya di Kabupaten Maros. Kedepannya Kabupaten Maros diharapkan dapat naik ke level selanjutnya yakni Penghargaan Tropi Proklim Lestari.

“Rammang-Rammang berhasil menjadi contoh bagi desa-desa dan dusun lain, dengan ini diharapkan Kabupaten Maros tahun depan bukan lagi menerima Tropi Utama, namun sudah bisa naik satu tingkat menjadi kategori Lestari”.

Proklim bertujuan untuk mendorong keterlibatan masyarakat dan stakeholder dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca. Kategori ProKlim terdiri dari ProKlim Pratama, Proklim Madya, Nominasi Proklim Utama dan Nominasi Proklim Lestari.

Turut Hadir pada acara ini, Iwan Dento, Koordinator Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang.

Menurutnya, penghargaan ini sebagai motivasi dan tanggung jawab bersama untuk masa depan lingkungan yang mana ini merupakan salahsatu Program Prioritas Pemerintah.    (DisKominfo) 

Check Also

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Maros Dipusatkan Di Camba

Maros–  Pelaksanaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tingkat Kabupaten Maros dipusatkan di Kecamatan Camba. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.