Home / Ethnic / To Manurung Karaeng Loe ri Pakere menjadi cagar budaya

To Manurung Karaeng Loe ri Pakere menjadi cagar budaya

To Manurung Karaeng Loe ri Pakere menjadi cagar budaya

MAROS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akan mendorong situs To Manurung Karaeng Loe ri Pakere menjadi cagar budaya. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Maros, Suhartina Bohari.

Situs ini terletak di Dusun Pakere, Desa Bontotallasa, Kecamatan Bantimurung, di atas sebidang tanah yang dikenal dengan nama Ongkoe.
Dalam manuskrip Lontara Marusu, di atas Ongkoe tersebut, berdiri sebuah istana kerajaan pertama di Maros dengan raja bergelar Karaeng Loe ri Pakere, seorang yang dituliskan To Manurung.

Tim Ahli Cagar Budaya Maros, Andi Fahry Makkasau yang juga merupakan Ketua Majelis Keturunan To Manurung Maros menjelaskan, ada sebuah petikan lontara Marusu yang menjelaskan seorang To Manurung Karaeng Loe ri Pakere sebagai raja pertama di Maros.

“Karaeng Loe ri Pakere uru Karaeng ri Marusu, iyami To Manurung ri Pakere. Nanikanai To Manurung kataniassengi assala kabattuanna,” bunyi petikan Lontara Marusu yang menjelaskan tentang seorang To Manurung Karaeng Loe ri Pakere sebagai raja pertama di Maros.
Dalam Prosesnya
Pemkab Maros juga membuka partisipasi Masyarakat dalam hal revitalisasi ini melalui formulir yang dapat di download :

Check Also

Kepada Peserta Latsar CPNS 2021 Pemkab Maros, Bupati: Tanamkan Integritas dan Bekerja Dengan Baik

Maros–  Padapeserta Latihan Dasar CASN Pemkab Maros Golongan III Angkatan V yang diadakan di PPSDM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.