Home / Headline / Buka Kegiatan Rakor PKH, Wabup Hj Suhartina Bohari Tekankan Aktualisasi Data Penerima Manfaat

Buka Kegiatan Rakor PKH, Wabup Hj Suhartina Bohari Tekankan Aktualisasi Data Penerima Manfaat

Maros-  Dinas Sosial Kabupaten Maros sebagai motor Program Keluarga Harapan (PKH) kembali melaksanakan Rapat Koordinasi pada  Rabu, (17/3/2021) di Ruang Pola Kantor Bupati Maros. Rapat Koordinasi PKH yang dilakukan secara periodik sejatinya merupakan ajang evaluasi sejauh mana capaian pelaksanaan program ini. Penyelenggaraan kegiatan ini secara umum dimaksudkan untuk membahas berbagai persoalan, kendala dan capaian pelaksanaan kegiatan serta mencapai kesepahaman tindak lanjut implementasi PKH sembari kembali mensosialisasikan arah kebijakan PKH tahun 2021.

Rakor ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari  dan diikuti oleh seluruh stakeholder PKH Kabupaten Maros mulai dari Jajaran Dinas Sosial, para Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Maros, Koordinator PKH Kabupaten dan Tenaga Pendamping PKH sebanyak 54 orang serta Administrator Pangkalan Data.    

Dalam sambutannya, Wabup Hj Suhartina Bohari  menyampaikan, pelaksanaan Rakor PKH  ini sebagai upaya memaksimalkan aktualisasi data terpadu penanganan kemiskinan lintas sektoral di Kabupaten Maros menuju Maros lebih sejahtera guna menghasilkan formulasi yang cepat dan tepat.    

Ditambahkannya pula, sinergitas antara pemangku kepentingan yakni Dinas Sosial Kabupaten Maros, Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Desa/Kelurahan dengan Tenaga Pendamping PKH harus diperkuat agar data Penerima Manfaat program ini dapat lebih aktual dan tidak tumpang tindih.        

Program Keluarga Harapan (PKH) mulai diterapkan di Kabupaten Maros sejak tahun 2013 yang lalu dan telah banyak berkontribusi dalam pemerintah penyaluran bantuan sosial terhadap keluarga miskin. Sejauh ini, data update menunjukkan jumlah Penerima Manfaat PKH di Kabupaten Maros sebanyak 14.009 keluarga, Bantuan Pangan Non Tunai 23.309 keluarga dan Bantuan Sosial Tunai sebanyak 11.172 keluarga.      

Bupati Maros HAS Chaidir Syam yang juga berkesempatan hadir pada kegiatan ini memberikan arahan dan mengadakan dialog interaktif dengan Tenaga Pendamping PKH.     

Masih pada kesempatan yang sama, Bupati juga melakukan pencanangan Gerakan Ayo Kuliah (GAK) bagi Anak Keluarga Penerima Manfaat PKH. Salah satu sasaran yang ingin dicapai melalui Program PKH ini adalah pemenuhan layanan pendidikan bagi KPM selain bidang lain seperti kebutuhan sosial, kesehatan, pangan, gizi, perlindungan sosial dan lainnya.    (DisKominfo)

Check Also

Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari Anjangsana dan Silaturahmi ke Ponpes Nurul Ikhwan Kecamatan Marusu

Maros –   Lanjutkan agenda anjangsana dan silaturahmi pada setiap kamis di Bulan Suci Ramadhan 1442 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.