Home / Headline / Tingkatkan Kapasitas Pengelola PPID, Diskominfo Gelar Bimtek dan Sosialisasi Aplikasi

Tingkatkan Kapasitas Pengelola PPID, Diskominfo Gelar Bimtek dan Sosialisasi Aplikasi

Maros –   Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi di badan publik.

PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan public sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan eksistensi PPID, maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi publik akan lebih cepat, tepat waktu, dengan biaya ringan dan cdengan cara sederhana.  

Sebagai bagian dari upaya pengembangan, pembinaan dan peningkatan kompetensi petugas pengelola PPID di Kabupaten Maros, maka Dinas Komunikasi dan Informatika selaku PPID UTAMA menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola PPID dan Sosialisasi Aplikasi PPID Kabupaten MarosTahun 2020 bertempat di Baruga B Kantor Bupati Maros pada Senin (12/10/2020). Peserta terdiri dari para petugas pengelola PPID (PPID PEMBANTU) dari perwakilan masing-masing OPD/Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Maros.

Bimtek dibuka oleh Plt. KepalaDinasKominfo  A Rosman  dengan menghadirkan Narasumber dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan dan dari Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan.  

Penyelenggaraan Bimtek ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, efektif, efisien dan akuntabel.

Diwawancarai usai pelaksanaan kegiatan, Sumartini selaku Kepala Bidang Pengelolaan Data dan LayananPublik Dinas Kominfo yang juga merupakan Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan ini menyampaikan harapannya; “…..semoga dengan pelaksanaan Bimtek  PPID dan Sosialisasi Aplikasi PPID ini akan dapat meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi di Kabupaten Maros yang lebih berkualitas dan informatif.” (DisKominfo)

Check Also

Selain di Rammang-Rammang, Bupati Maros Bersama Pj Gubernur Sulsel Lakukan Penanaman Pohon Sukun di TWA Bantimurung

Maros–  Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin untuk  kembali melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.