Home / Headline / Bupati Tetapkan Level Waspada Covid-19 untuk Kabupaten Maros

Bupati Tetapkan Level Waspada Covid-19 untuk Kabupaten Maros

Maros –   Bupati  HM Hatta Rahman melalui edaran video per tanggal 29/03/2020 menetapkan peningkatan status Kabupaten Maros dalam kategori Darurat Covid-19 ke Level Waspada terhitung sejak edaran ini hingga 12/04/2020.

Hingga kini, telah tiga pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona dan telah ditangani oleh Pihak Rumah Sakit. Guna mengoptimalkan konsentrasi penanggulangan dan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Maros, dengan mengacu pada SOP yang telah ditetapkan, Bupati memandang perlu meningkatkan status ke Level Waspada. Hal ini juga sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri, melalui Surat Edaran No. 440/2622/SJ yang implementasinya tentang percepatan penanganan virus corona di lingkup Pemerintah Daerah. Mendagri menyampaikan bahwa Pemda dalam hal ini Gubernur/Bupati/Walikota dapat menetapkan status keadaan darurat siaga bencana Covid-19  dan/atau keadaan tanggap darurat bencana Covid-19 di wilayahnya dengan didasari kajian atau penilaian yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas Kesehatan setempat.

Seiring dengan temuan kasus positif Covid-19, beliau mengimbau kepada orang yang pernah berinteraksi dengan pasien Positiv Covid-19 agar dilakukan tindakan screening demikian pula mereka yang tinggal di wilayah yang ditemukan kasus positif Covid-19 agar tidak berinteraksi dengan siapa pun atau mengisolasi diri secara mandiri hingga 14 hari kedepan. Bilamana terdapat gejala atau indikasi mengarah ke Covid-19, agar melaporkan atau memeriksakan diri pada petugas kesehatan guna mengambil langkah-langkah pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

Khusus bagi Jamaah Umrah yang baru saja tiba pada Periode Bulan Maret, telah diarahkan untuk discreening dan didata serta terus dalam pantauan intensif oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Maros, demikian juga halnya dengan Biro Travel yang menyelenggarakan Paket Perjalanan Umrah mereka. (DisKominfo)

Check Also

Genjot Capaian Target Sensus Penduduk Online, BPS Gandeng Disdukcapil Maros

Maros –  Sensus penduduk Online Tahun 2020 yang sejatinya telah launching pada 15 Februari yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.