Breaking News
Home / Headline / Pacu Kompetisi Antar Siswa, Bupati Dorong Hidupkan Kembali Lomba Cerdas Cermat

Pacu Kompetisi Antar Siswa, Bupati Dorong Hidupkan Kembali Lomba Cerdas Cermat

Maros Bupati Maros HM Hatta Rahman mencetuskan ide dan memberi arahan pada stakeholder bidang pendidikan daerah ini guna kembali menghidupkan Lomba Cerdas Cermat. Selain menambah wawasan dan pengetahuan siswa, lomba cerdas cermat juga memupuk keberanian dan kepercayaan diri para siswa untuk tampil di depan publik, melatih berpikir cepat serta meningkatkan semangat kompetisi antar siswa.

Bertempat di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Selasa (12/11/2019), Dinas Pendidikan menggelar Lomba Cerdas Cermat untuk tingat SD dan SMP se- Kabupaten Maros yang direncanakan berlangsung dua hari dan diikuti oleh 126 siswa SD dan 219 siswa SMP.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Bupati Maros dan dihadiri oleh Kadis Pendidikan beserta jajarannya termasuk para Kepala Sekolah dan Pengawas, tampak pula hadir Kabag Humas Setda. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan; “tentu acara cerdas cermat yang kita laksanakan merupakan sebuah inovasi yang sudah sering kita laksanakan pada kesempatan yang lalu, namun akhir-akhir ini saya lihat sudah mulai ditinggalkan. Saya pikir kita perlu memunculkan atau menghidupkan kembali kegiatan ini guna memacu para siswa lebih aktif belajar dan berkompetisi.”

Ditambahkannya, kita harus selalu melakukan inovasi supaya ada gairah untuk selalu berbuat yang lebih baik. Tak lupa, beliau mencontohkan sosok Nadiem Makarim, Mendiknas; “Nadiem Makarim itu bukan orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, dia itu pembuat aplikasi Gojek. Kenapa dia, yang oleh Pak Jokowi ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan Nasional, bukan ahli atau pakar? Itu menunjukkan keinginan kuat dari Pak Jokowi merubah metode pendidikan bukan hanya sebatas teori-teori, tetapi juga dengan ide-ide, kretivitas dan inovasi. Beliau punya ekspektasi agar siswa-siswa sekarang bisa meneladani apa yang telah dilakukan Pak Nadiem, tentang bagaimana Pak Nadiem berfikir kreatif, inovatif dengan ide-ide yang brillian. Itulah yang mendasari, kenapa pak Jokowi menunjuknya jadi Mendiknas. Bayangkan saja, Gojek saat ini kapitalisasi perusahaannya lebih mahal dari Garuda Indonesia yang memiliki ratusan pesawat.”

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatangan Pakta Integritas oleh 20 orang Kepala Sekolah perwakilan SD dan SMP se- Kabupaten Maros sebagai wujud komitmen untuk menyatukan tekad meraih prestasi bidang pendidikan khususnya pencapaian nilai ujian nasional dan sekolah yang lebih baik.

Pembukaan ini juga diwarnai dengan penampilan Peserta English Camp tingkat SD dan SMP yang unjuk kebolehan membawakan pidato Berbahasa Inggris. (DisKominfo)

Check Also

Fokus Pada Upaya Perlindungan SDM, Pemkab Jalin Kerjasama 2 Institusi

Maros – Anak merupakan aset masa depan bangsa, namun kita juga tidak menutup mata dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *