Breaking News
Home / Kegiatan / Tingkatkan Kapasitas Pengelola BOP PAUD 2019, Dinas Pendidikan Gelar Sosialisasi

Tingkatkan Kapasitas Pengelola BOP PAUD 2019, Dinas Pendidikan Gelar Sosialisasi

Maros – Pemerintah dalam upayanya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, melakukan berbagai upaya dalam menjamin pelayanan pendidikan bagi segenap warga negara melalui perbaikan, peningkatan dan penyediaan suluruh komponen pendukung guna mencapai tujuan yang diinginkan.        

Salahsatu bentuk peran Pemerintah dalam bidang pendidikan yakni dengan meringankan beban masyarakat khususnya pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bermutu dengan mengalokasikan Dana Alokasi Khusus Nonfisik bantuan Biaya Operasioanal Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan.   

Relevan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Maros dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengelola Biaya Operasioanal Penyelenggaraan (BOP) PAUD agar lebih efektif dan efisien, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Dana BOP PAUD 2019 bertempat di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan, H Takdir dan direncanakan akan berlangsung selama lima hari yakni Tanggal 14-15 Oktober 2019 dan dilanjutkan pada 21-22 Oktober 2019. Peserta terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru yang merupakan perwakilan dari Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (PAUD) dan Taman Penitipan Anak (TPA) dari 14 Kecamatan se- Kabupaten Maros.    

Untuk Tahun 2019 sendiri, Penggunaan BOP PAUD telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD yang substansinya memberikan acuan/pedoman bagi Pemerintah Daerah dan Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan PAUD dalam penggunaan serta pertanggungjawabannya secara tertib, transparan, akuntabel dan tepat waktu. (DisKominfo)

Check Also

Tingkatkan Kapasitas Humas Pemerintah Daerah, Pemprov Sulsel - KPK Gelar Workshop

Tingkatkan Kapasitas Humas Pemerintah Daerah, Pemprov Sulsel – KPK Gelar Workshop

MAKASSAR — Dalam rangka program pengembangan Humas dan Media dalam Program Korsupgah Terintegrasi Pemerintah Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *