Breaking News
Home / Headline / Tingkatkan Kompetensi BPD se- Kabupaten Maros, Dinas Pemdes Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kompetensi BPD se- Kabupaten Maros, Dinas Pemdes Gelar Pelatihan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Maros dalam hal ini Bidang Bina Pemerintahan dan Desa menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se- Kabupaten Maros pada Senin, 7 Oktober 2019 bertempat di Baruga A Kantor Bupati Maros.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Maros, H Husair menyampaikan sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Sekitar 160 peserta mengikuti pelatihan ini; mereka merupakan Ketua dan Sekretaris dari masing-masing BPD yang ada di Kabupaten Maros.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan, sikap dan keterampilan BPD yang ada di Kabupaten Maros dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Pasca pelatihan ini, diharapkan seluruh entitas BPD se- Kabupaten Maros dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada publik, menjunjung tinggi azas pemerintahan yang bersih, akuntabel, transparan, partisipatif dan responsif.

Bertindak selaku narasumber pada pelatihan ini yakni Kabid Bina Pemerintahan Desa Provinsi Sulawesi Selatan dan dari pihak Pemkab Maros sendiri yakni Inspektur, Kepala Bappeda, Kabag Hukum dan HAM serta Kabid Perencanaan Daerah Bappeda. Materi yang dibawakan juga cukup memadai dan relevan untuk menopang Tupoksi BPD yang antara lain sebagai alat kontrol terhadap kinerja Kepala Desa, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa dan penyalur aspirasi masyarakat desa sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016.

About Kominfo Maros

Kominfo Maros

Check Also

Minimalisir Invalid Data Dapodik, Dinas Pendidikan Adakan Bimtek

Dinas Pendidikan Kabupaten Maros menyelengarakan kegiatan Bimbingan Teknis Sinkronisasi Data Pokok Pendidikan dan Aneka Tunjangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *