Breaking News
Home / Headline / Penghargaan / Bupati Membuka MUSRENBANG Tingkat Kabupaten Maros Tahun 2019

Bupati Membuka MUSRENBANG Tingkat Kabupaten Maros Tahun 2019

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Maros Tahun 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020 diadakan hari ini, Senin, 25 Maret 2019 bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Maros. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Maros, Kepala OPD, Para Asisten dan Staff Ahli, para Camat, Kapolres Maros, Komandan Kodim 1422 Maros, dari Pihak Perbankan, Stakeholder Pembanguanan dan dari Lembaga Swadaya Masyarakat.

Musrenbang ini sebagai forum komunikasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan daerah yang merupakan kelanjutan dari Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan, Musrenbang Tingkat Kecamatan yang telah dilaksanakan oleh 14 Kecamatan dari tanggal 4 – 14 Februari 2019, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Forum Gabungan Perangkat Daerah pada 6 Maret 2019 dengan menghasilakn sejumlah kesepakatan untuk dirumuskan kedalam Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Maros Tahun 2020.

Hal Senada disampaikan Bupati Maros, Ir. H.M. Hatta Rahman, MM. dalam sambutannya: “…..Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Maros tahun ini merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab issu-issu strategis serta mampu menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat secara tepat. Sekarang kita sudah berada pada tahapan bagaimana mewujudkan apa yang masih menjadi PR yang belum kita selesaikan. Seluruh stakeholder; mulai dari OPD/Kecamatan dan lembaga-lembaga lainnya harus mencermati dan melihat, apa yang masih kurang dan masih perlu kita benahi. Selama 9 tahun, kita telah fokus pada pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang Alhamdulillah telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah ini”.  Lebih lanjut, beliau menyoroti 3 sektor yang perlu mendapatkan atensi khusus yaitu (1) Produk-produk UMKM unggulan yang merupakan produk asli dari Maros yang harus dipublikasi dalam bentuk digital atau dipasarkan secara online; (2) Industri di Pedesaan yang harusnya dikembangkan dan dipasarkan di tempat yang tepat dan (3) Sektor Pariwisata yang butuh untuk ditingkatkan jumlah destinasinya. Menurut Bapak Bupati, selama ini, daerah kita hanya berkutat dengan destinasi yang “itu-itu saja dari dulu”, sementara Maros ini kaya dengan potensi destinasi wisata yang belum tersentuh, butuh untuk diekspos dan dikembangkan menjadi destinasi-destinasi unggulan di Sulawesi Selatan, baik berupa Wisata Sungai (tirta), Wisata Pertanian (agrowisata), Desa Wisata dan banyak lagi bentuk-bentuk pengembangan wisata yang potensinya sangat memungkinkan untuk dikembangkan di Kabupaten Maros.

Hal utama yang ingin dicapai dari penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Kabupaten ini adalah penetapan kesepakatan mengenai arah kebijakan pembangunan, prioritas pembangunan dan sasaran pembangunan daerah tahun 2020. Begitu juga dengan penetapan kesepakatan daftar usulan kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Maros Tahun 2020 berdasarkan urusan dan kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Pusat yang akan dibiayai oleh APBD, APBD Provinsi dan APBN serta sumber-sumber pendapatan lainnya.

Check Also

Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros Terpilih Sebagai Model Pesantren Ramah Anak

Pesantren Nahdhatul Ulum Kabupaten Maros Sulawesi Selatan terpilih sebagai Model Pesantren Ramah Anak, penetapan ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *