Home / Headline / Bupati Maros dan Wabup Ikuti Acara Penyambutan Digital Anggota Baru UNESCO GLOBAL GEOPARK

Bupati Maros dan Wabup Ikuti Acara Penyambutan Digital Anggota Baru UNESCO GLOBAL GEOPARK

Maros_Penyambutan digital anggota baru UNESCO Global Geopark setelah  Maros Pangkep Geopark resmi menjadi anggota pada sidang Dewan Eksekutif UNESCO yang ke 216 pada bulan Mei lalu, Bupati Maros dan Wakil Bupati Maros menghadiri  Welcome Digital Event for Maros Pangkep UNESCO Global Geopark dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Pangkep. Selasa, (6/6/2023).

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam S.IP MH sangat  mendukung adanya Kawasan geopark Maros Pangkep tersebut Menurutnya Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep masuk jaringan Global Geopark Network bersama 17 Geopark lainnya di dunia. Sehingga tahun ini ada 195 taman bumi dunia UNESCO di 48 negara dunia dan Geopark Maros Pangkep Menjadi global geopark ke-8 di Indonesia.

Bupati Maros mengatakan pencapaian ini atas kerja keras dan kolaborasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep dan seluruh stakeholder yang berada di bawah naungan Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep.

“Saya dan juga Wakil Bupati Maros Hj Suhartina  sangat bangga, kami berharap setelah ini kita bekerja sama memberikan yang terbaik sehingga kehadiran UNESCO Global Geopark ini betul-betul nantinya dapat memberikan suatu nilai tambah untuk mensejahterakan masyarakat dan mari bersama menjaga sekaligus sebagai daya tarik tersendiri bagi kepariwisataan di Sulawesi Selatan,” sebut beliau.

Bagi Kabupaten Maros dan juga Pangkep ini adalah pencapaian luar biasa dari Pemerintah Maros, Pangkep dan Badan Pengelola Geopark. Sebab hasil dari bentuk kolaborasi yang telah digaungkan jadi prioritas pemerintah sejak diinisiasi tahun 2015, 2018 menjadi nasional Geopark dan akhirnya di 2023 menjadi Geopark dunia.

“Penunjukan UNESCO Global Geopark adalah pengakuan prestisius yang diberikan pada tempat atau wilayah luar biasa untuk situs geologis dan lanskap internasional dan kepentingan khusus. Situs-situs ini, bersama dengan situs warisan ekologi, budaya, dan arkeologi yang penting, dikelola dengan cermat melalui pendekatan komprehensif yang mencakup konservasi, pendidikan, penelitian, dan pariwisata yang bertanggung jawab,” jelas Chaidir

Masih dalam sambutan Bupati Maros, Ini tentunya menjadi kebanggaan buat Maros dan Pangkep karena ini menjadi perhatian dunia dimana kawasan ini menjadi lebih dipromosikan secara internasional,”Paling penting dengan status ini, masyarakat bisa menerima manfaat sebesar-besarnya dari meningkatkan kunjungan, nilai ekonomi, serta perputarannya di kawasan ini,” imbuh beliau.

Acara yang diberi tajuk  “Welcome Digital Event for Maros Pangkep Geopark UNESCO Global Geopark”. Melakukan teleconference Yang  dilaksanakan di Maroko secara daring yang di ikuti beberapa negara anggota Unesco Global Geopark 

Dia menambahakan, “Acara pada hari ini didukung sepenuhnya oleh Kedua Pemerintah Daerah baik Pemkab Maros maupun Pemkab Pangkep, melalui OPD terkait dari kedua wilayah. Untuk hal ini kami juga ucapkan terimakasih,” tutup Bupati Maros(DisKominfo-SP)

Check Also

Didampingi Wabup, Bupati Maros Resmi Tutup Rangkaian Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan 2024

Maros–  Hari terakhir pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan tahun 2024, Selasa (06,02/2024),.resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.