Home / Headline / PERSIAPAN VERIFIKASI KABUPATEN/KOTA SEHAT TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

PERSIAPAN VERIFIKASI KABUPATEN/KOTA SEHAT TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Maros–  Mewujudkan Kabupaten Sehat, Pemerintah Kabupaten Maros terus berupaya mempersiapkan kelengkapan dokumen tentang seluruh pencapaian yang akan dijadikan paramter saat penilaian Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023  oleh Tim Verifikasi Kabupaten/Kota sehat tingkat Nasional. 

Bertempat di Ruang Rapat Bupati, pada Kamis (15/12/2022), Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohari, menerima kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan melakukan peninjauan yang meliputi bedah Dokumen dan Peninjauan Lapangan di Gedung MPP sebagai Lokasi Fokus Penilaian yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2023.   

“Kegiatan ini bukan kegiatan yang spontan diadakan, untuk hasil yang maksimal kita persiapkan secara matang dari jauh hari sebelumnya. Jadi, kalau data sudah siap, kapan pun dibutuhkan kita sudah siap untuk menyerahkannya” ungkap Wakil Bupati Maros.

Meski pun penilaiannya tahun depan, Wabup mengimbau para Kepala PD dan para peserta Forum Kabupaten Sehat mampu bersinergi  dan sesuai dengan prinsip-prinsip tatanan Kabupaten Sehat menuju Kabupaten Maros sehat.

“Gotong royong dan kolaborasi kita implementasikan disini, saat ini indikatornya 313 dari 9 tatanan yang menjadi penilaian, saya harap bisa rampung memenuhi standar kriterianya” ujar Wabup.

Kesembilan tatanan yang dimaksud Wabup tersebut adalah Kehidupan masyarakat sehat mandiri, Permukiman dan Fasilitas Umum, Pasar, Satuan Pendidikan, Pariwisata, Transportasi dan tertib lalu lintas jalan, Perkantoran dan perindustrian, Perlindungan Sosial, Pencegahan dan Penanganan Bencana. Jika tatanan tersebut mampu dilengkapi, maka Kabupaten Maros optimis dapat meraih penghargaan swasti saba Wistara.

Andi Nurseha, selaku Ketua Tim Verifikasi mengungkapkan, kunjungannya kali ini bukan dalam kapasitas sebagai tim audit, melainkan sebagai tim pendamping. Hanya sebagai acuan dalam pembenahan. “Tidak seperti pemeriksaan audit, kita hanya lakukan verifikasi sebagai pembenahan. Kami akan mendampingi dalam memaksimalkan dokumen kabupaten/kota sehat,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemkab Maros memperhatikan lebih detail segala dokumen yang diinput harus berdasarkan data. Verifikasi Nasional oleh Tim Pusat Kabupaten/Kota sehat akan berlangsung Maret hingga Mei.

“Insyaallah awal tahun, Maret atau April akan datang tim verifikasi nasional dari pusat. Kadang telah banyak yang kita lakukan, tetapi lupa untuk didokumentasikan, ini sangat penting mengingat kita bekerja by data,” tuturnya.  (DisKominfo)

Check Also

Bupati Maros Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Sejumlah ASN

Maros– Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dalam Jabatan Pimpinan Tinggi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.