Home / Headline / Bupati Kukuhkan Pengurus FKDM Tingkat Kabupaten dan FKDM Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Maros Tahun 2022

Bupati Kukuhkan Pengurus FKDM Tingkat Kabupaten dan FKDM Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Maros Tahun 2022

Maros–  Bupati Maros HAS Chaidir Syam mengukuhkan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kabupaten dan FKDM Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Maros tahun 2022. Acara Pengukuhan digelar di Gedung Baruga A Kantor Bupati Maros, Senin (12/12/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang terpilih, beliau yakin, jajaran pengurus yang baru saja dikukuhkan dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan baik.

“InsyaAllah saya yakin dengan kapasitas bapak-ibu yang dikukuhkan ini. Tugasnya adalah menjadi mata dan telingah pemerintah daerah dalam mendeteksi situasi lebih dini yang eksis di tengah masyarakat,” tutur Bupati.  

Lebih lanjut beliau mengatakan, pembentukan FKDM merupakan upaya membangun sinergitas antara pemerintah daerah bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang erat kaitannya dengan lingkungan masyarakat dalam memelihara kondisi kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat menghadapi berbagai potensi atau indikasi masalah yang dapat timbul di tengah masyarakat.

“…..misalnya saja, ada indikasi aktivitas terorisme yang dilakukan oleh kelompok tertentu, maka peran FKDM adalah memberikan informasi sedini mungkin agar kita bisa melakukan mitigasi,” jelas Bupati.

Bupati berpesan agar Jajaran Pengurus FKDM terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Anggota FKDM secara berkala melaporkan informasi kepada pimpinan untuk mengambil kebijakan. Selanjutnya pimpinan akan melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah.

“Silakan lakukan filtrasi dan tampung informasi tentang segala potensi yang mengarah pada ancaman, hambatan dan gangguan yang mengakibatkan timbulnya disintegrasi bangsa. Karenanya, kita harus sigap melakukan mitigasi pada momen yang memang harus segera mendapatkan tindakan atau respons cepat,” pungkas Bupati.

Check Also

Bupati Maros Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Sejumlah ASN

Maros– Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dalam Jabatan Pimpinan Tinggi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.