Home / Headline / Optimalkan Kesiapsiagaan Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Serahkan Unit Mobil Dapur Umum Lapangan Taktis

Optimalkan Kesiapsiagaan Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Serahkan Unit Mobil Dapur Umum Lapangan Taktis

Maros–  Memasuki musim penghujan, Maros yang wilayahnya terdapat sejumlah titik rawan bencana alam terus berbenah dan menyiapkan bentuk-bentuk antisipasi taktis bilamana terjadi hal yang tidak diharapkan semisal mamastikan ketersediaan logistik, obat-obatan, alat evakuasi dan lain-lain.

Dinas Sosial Kabupaten Maros juga terus membangun koordinasi dengan pihak Kementerian Sosial RI khususnya terkait pengendalian dan upaya meminimalisir dampak bencana yang kerap terjadi. Kali ini, Pihak Kemensos memberikan bantuan berupa satu unit Mobil Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) taktis guna mendukung kesiapsiagaan bencana.

Usai pelaksanaan apel pagi di Lapangan Pallantikang, Senin (10/10/2022), Bupati Maros HAS Chaidir Syam didamping Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadi, menyerahkan bantuan Mobil Dapur umum tersebut kepada Perwakilan Tim Dapur Umum Lapangan Kabupaten Maros.  

Unit mobil taktis ini dilengkapi box dapur utama, box water (untuk pembersih), peralatan dapur, freezer, tenda, genset, lampu sorot dan kotak P3k.

Bupati berharap, hadirnya DUMLAP ini betul-betul dapat mendukung kesiapsiagaan bencana secara taktis terutama dalam menyediakan atau menyalurkan makanan bagi korban bencana hingga ke titik lokasi.  

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial menjelaskan detail DUMLAP ini. Dikatakannya, DUMLAP ini mampu menyediakan logistik bahan makanan untuk sekitar 1000 orang. Mobil ini nantinya akan standby di pelataran Kantor Dinas Sosial ketika dibutuhkan, tim akan dengan sigap menuju lokasi bencana untuk mendistribusikan makanan ke posko- posko penanganan bencana. Tim yang akan mengoperasikan DUMLAP ini merupakan tim yang telah terlatih dan bersertifikat, bahkan pernah memenangkan lomba dapur lapangan.

“Crew dapur Dinsos terdiri 12 orang, dan mereka telah terlatih bahkan pernah memenangkan juara 2 lomba dapur lapangan tingkat Provinsi Sulsel, hanya saja saat itu kita belum punya mobil dumlap” tutur Kadis Sosial.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Maros menyerahkan Bantuan CSR dari Bank BPD Sulselbar berupa 70 Tenda Lipat bagi Pedagang Pasar Subuh di Pasar Tramo serta penyerahan bantuan 220 rak telur dari PT Japfa Comfed, PT Surya Utama Raya dan dari PT Mega Satwa Perkasa untuk perbaikan dan pemenuhan gizi bagi masyarakat yang ananknya menyandang stunting.   (DisKominfo)

Check Also

5 Tahun Berturut-Turut Raih Opini WTP, Pemkab Maros Diganjar Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

Maros– Pemerintah Kabupaten Maros menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia dengan capaian Opini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.