Home / Headline / Jadi Narasumber Talkshow Membangun Generasi Digital Dengan Kearifan Lokal, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Paparkan 4 Pilar Literasi Digital

Jadi Narasumber Talkshow Membangun Generasi Digital Dengan Kearifan Lokal, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Paparkan 4 Pilar Literasi Digital

Maros–  Pada gelaran acara Talkshow  Indonesia Makin Cakap Digital Segmen Pendidikan Sulawesi bertajuk “Membangun Generasi Digital Dengan Kearifan Lokal” yang diadakan di Gedung Balai Manunggal Jend M Yusuf,  Makassar pada Rabu (28/09/2022), Bupati Maros HAS Chaidir Syam  bertindak sebagai salahsatu Narasumber.

Di hadapan audience, beliau memaparkan secara gamblang  4 pilar literasi yang harus dimiliki untuk dapat betul-betul eksis di tengah era literasi digital dewasa ini yakni kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital.

Beliau juga mencontohkan, di Kabupaten Maros, saat ini pihaknya terus mendorong aksesibilitas internet agar merambah hingga ke pelosok desa. Namun demikian, menurut beliau, tidak mudah untuk mewujudkan haltersebut. Berbagai tantangan akan dihadapi, termasuk bagaimana para pengguna internet bisa cakap secara digital sehingga kehadiran internet nantinya bisa dimanfaatkan penggunanya untuk lebih produktif dalam mengembangkan diri dan memberi aspek manfaat juga bagi ruang lingkup mereka.

Beliau juga minta kaum millenial saat ini agar lebih bijak dalam mengakses internet serta cermat mengantisipasi konten negatif utamanya yang ada di media sosial seperti berita hoax, ujaran kebencian dan perundungan.  Hal ini menurut beliau karena trend perilaku sebagian pengguna medsos yang cenderung mengarah ke hal-hal tersebut.

Selain Bupati Maros, Bupati Bantaeng dan Bupati Sinjai juga hadir sebagai Narasumber dalam talkshow tersebut.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate selaku Keynote Speaker mengatakan, Pandemi telah mendorong inovasi kita di era digital ini, terbukti dengan semakin gencarnya penggunaan internet misalnya untuk pembelajaran secara daring dan lain-lain sehingga hal ini menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi tiap-tiap daerah bukan saja dalam membangun sarana dan infrastruktur tetapi juga dalam membangun SDM generasi mendatang agar cakap digital.  (Maros FM, DisKominfo)

Check Also

5 Tahun Berturut-Turut Raih Opini WTP, Pemkab Maros Diganjar Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

Maros– Pemerintah Kabupaten Maros menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia dengan capaian Opini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.