Home / Headline / Pada Pembukaan Bimtek PATBM, Bupati Maros Tekankan Perlunya Proteksi dan Perlindungan Khusus Bagi Anak

Pada Pembukaan Bimtek PATBM, Bupati Maros Tekankan Perlunya Proteksi dan Perlindungan Khusus Bagi Anak

Maros–   Terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dan mempertahankan predikat Maros sebagai Kabupaten Layak Anak,  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Maros menggelar Pembentukan dan Bimbingan Teknis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Kegiatan yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Maros ini dibuka langsung oleh Bupati HAS Chaidir Syam pada Rabu (24/8/2022). Pada pidato sambutannya, beliau menyampaikan, anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, karenanya butuh peran semua pihak dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak yang  memadai bagi mereka. Butuh komitmen seluruh elemen termasuk jajaran pemerintahan, mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten, salahsatunya dengan perlindungan berbasis masyarakat.    

Terkait pembentukan PATBM, imbuh Bupat, sebaiknya melibatkan anak-anak kita yang tergabung dalam forum anak dalam pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan. Untuk itu sangat penting pembentukan forum anak di tingkat desa/kelurahan.

Bupati berharap, melalui berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan, status Maros sebagai Kabupaten Layak Anak dengan predikat Madya bisa naik ke level yang lebih tinggi lagi yakni Nindya atau bahkan Utama.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Maros, Fitri Adecahya menjelaskan, PATBM merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya- upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

Kegiatan ini diikutu para perangkat desa/kelurahan dari Kecamatan Bantimurung, Kecamatan Maros Baru, Kecamatan Tompobulu, Kecamatan Simbang, Kecamatan Camba dan Kecamatan Mallawa. 

Pada kegiatan itu, dilakukan pula penandatanganan bersama Komitmen Pembentukan dan Bimtek Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kabupaten Maros oleh Bupati Maros beserta para pemangku kepentingan.    (Maros FM, DisKominfo)

Check Also

Pada Acara Pencanangan Kampung Siaga Bencana, Bupati Maros HAS Chaidir Syam Dikukuhkan Sebagai Pembina TAGANA oleh Dirjen Kemensos

Maros–  Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico mewakili Menteri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.