Home / Headline / Bupati Maros Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Program Kementerian Agraria danTata Ruang RI

Bupati Maros Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Program Kementerian Agraria danTata Ruang RI

Maros– Di Kabupaten Maros, sekitar 40 % tanah merupakan lahan hutan, baik sebagai hutan lindung mau pun hutan produksi. Banyak dari masyarakat yang menggarap lahan di sekitar kawasan hutan lindung namun tidak memiliki status hukum yang jelas terkait kepemilikan lahan.

Menteri Agraria Dan Tata Ruang RI, Surya Chandra, yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maros pada Selasa (15/03/2022) menyerahkan 10 sertifikat untuk perwakilan warga penggarap lahan dari Kecamatan Cenrana. Surya Chandra yang juga Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional ini disambut Bupati Maros, HAS Chaidir Syam di Rujab Bupati Maros, Jalan A Yani.

Menteri Agraria Dan Tata Ruang RI menyampaikan, target Maros untuk program seritifikat gratis ini ada 20.000 sertifikat. Namun baru hampir 1000-an yang telah dibuka sertifikatnya.

Bukan hanya memberikan sertifikat, Surya Chandra juga meminta agar masyarakat harus terus didukung dari lintas sektor sehingga setelah mendapat sertifikat gratis, kesejahteraan mereka akan meningkat.

Sementara Bupati Maros HAS Chaidir Syam menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas program ini sehingga masyarakat yang menerima sertifikat kini bisa lebih fokus menggarap tanahnya.

Menurutnya Bupati, penentuan batas lahan Kawasan Hutan Lindung ini sangat penting sehingga banyak petani penggarap lahan dapat mengetahui batasan jelas lahan yang boleh digarap sebab umumnya mereka menggarapnya sudah sejak turun-temurun.

Namun kini, diharapkan para penggarap lahan tidak perlu khawatir lagi, pasalnya, selama memenuhi persyaratan, maka bisa mengikuti program lahan dan sertifikat gratis.

Bupati berharap, warga yang telah menerima sertifikatnya agar dapat menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya lahan yang dimiliki karena sudah menjadi pemilik sah yang dilindungi Undang-Undang.Asis, salah satu penerima sertifikat yang merupakan warga Desa Limapoccoe, Cenrana, mengaku sangat bersyukur melalui program ini ia dapat memperoleh sertifikat. “Terima Kasih Pak Bupati, semoga dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat ke tingkat pusat terus berjalan baik” Ungkapnya.    (Maros FM, DisKominfo)   

Check Also

Cegah Isu SARA, Bupati Kukuhkan Pengurus FPK Kecamatan se-Kabupaten Maros

Maros–  Pemerintah Kabupaten Maros melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar Dialog Pembauran Kebangsaan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.