Home / Headline / Pada Acara Malam 10 Muharram, Bupati Maros: “Jadikan ini Sebagai Momentum Bermuhasabah Guna Lebih Memperbaiki Diri”

Pada Acara Malam 10 Muharram, Bupati Maros: “Jadikan ini Sebagai Momentum Bermuhasabah Guna Lebih Memperbaiki Diri”

Maros –  Acara Malam 10 Muharram yang sudah menjadi bagian dari tradisi religi tak terkecuali di daerah ini berjalan hikmat dan dilaksanakan di Masjid Al Markas Maros, Kamis (19/08/2021).

Diawali tradisi buka bersama (Puasa Asyura), dengan sajian Bubur Peca Suro yang sebelumnya diperlombakan oleh Ibu-Ibu Majelis Taklim se-Kabupaten Maros kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang hadir.  Dimulai pukul 17 00 Wita hingga usai Shalat Isya, kegiatan diisi dengan zikir akbar, do’a bersama serta ceramah diikuti sejumlah kegiatan sosial. 

Acara Malam 10 Muharram 1443 Hijriah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Maros bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Maros dan Asosiasi Majelis Taklim Indonesia Kabupaten Maros kali ini mengangkat tema Istigasah dan Doa Tolak Bala Bersama Untuk Indonesia.  

Bupati Maros HAS Chaidir Syam yang berkesempatan hadir pada acara ini mengajak umat Islam untuk menjadikan Malam 10 Muharram 1443 H sebagai momentum bermuhasabah guna lebih memperbaiki diri.

“Pergantian tahun ini kita jadikan sebagai ajang untuk melakukan muhasabah atau waktu untuk mengevaluasi diri kita, baik sebagai individu, anggota keluarga, warga, bangsa dan negara,” ujar beliau. 

Bupati menambahkan, bangsa kita masih berjuang untuk mengakhiri Pandemi Covid-19. Kesadaran bersama menjadi kunci dalam memutus rantai penularan virus mematikan ini, maka dari itu, pergantian Tahun Baru Islam ini mesti dimaknai untuk mengevaluasi diri dan menyusun langkah perbaikan, utamanya menjaga keselamatan diri dan orang lain.   

Pada kesempatan itu, beliau juga mengajak umat untuk menjadikan Dasar Negara Pancasila dan UUD 1945 yang merupakan Landasan Konstitusional kitabetul-betul sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  (DisKominfo)

Check Also

Pemkab Maros Jalin Kemitraan Strategis Dengan IBK Nitro Makassar

Maros–   Pembangunan sektor pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Maros merupakan salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.