Home / Headline / Bupati Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Maros

Bupati Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Maros

Maros–  Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat  Kabupaten Maros yang digelar di Gedung Serbaguna pada Rabu (05/05/2021) dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maros, Ketua TP PKK Kabupaten Maros yang sekaligus selaku Bunda PAUD, Kepala Dinas Pendidikan, para Pemerhati Pendidikan di Kabupaten Maros,  Pengawas dan Kepala Sekolah TK hingga SMP se- Kabupaten Maros.

Peringatan Hardiknas tahun ini mengusung tema Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar.

Pada bulan April yang lalu Dinas Pendidikan Kabupaten Maros mengadakan Lomba Mata Pelajaran secara online yang dikenal dengan CAT yang kala itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Maros  Hj Suhartina Bohari secara virtual. Pada tingkat Sekolah Dasar dilombakan 3 mata pelajaran yaitu matematika, IPA dan Bahasa Indonesia dimana pelaksanaannya dilakukan secara bertahap mulai tingkat kecamatan dan diikuti oleh semua sekolah  dan dan tersaring sebanyak 140 siswa.

Hal serupa untuk tingkat SMP Negeri dan Swasta diikuti oleh 875 siswa dengan 7 mata pelajaran sehingga tercatat total peserta SD dan SMP sebanyak 1.015 siswa yang dilaksanakan di sekolahnya masing-masing. 

Pelaksanaan lomba ini dimaksudkan untuk menggairahkan kembali semangat belajar siswa yang mengalami penurunan akibat Pandemi Covid-19 serta meningkatkan motivasi belajar dan kompetensi siswa. Selain itu lomba ini diharapkan memberikan pengalaman lebih dini kepada siswa dengan sistem digital yang menjadi tolak ukur dan evaluasi sejauh mana capaian pembelajaran selama masa pandemi.

Hal yang spesial adalah siswa yang memperoleh piagam penghargaan dapat menggunakannya untuk masuk ke SMP dan SMA sesuai pilihannya tanpa melalui jalur zonasi.

Kegiatan lomba semacam ini menurut panitia penyelenggara akan diagendakan setiap 4 bulan sekali dengan melombakan seluruh mata pelajaran.

Pada kesempatan ini, Bupati Maros HAS Chaidir Syam  melakukan penyerahan penghargaan kepada sejumlah insan pemerhati pendidikan yang memiliki kontribusi dan kepedulian mencurahkan tenaga dan pikirannya terhadap pendidikan di Kabupaten Maros.

Pada 21 April yang lalu, Bupati Maros bersama Wakil Bupati membuka secara resmi pilot project  pembelajaran tatap muka untuk 4 sekolah dengan persyaratan yang ketat. Kini, sudah 27 Sekolah TK /PAUD, SD dan SMP yang memperoleh rekomendasi untuk pembelajaran tatap muka. Ditargetkan bulan Juli nanti, seluruh sekolah akan memberlakukan pembelajaran tatap muka.   (DisKominfo)

Check Also

Kepada Peserta Latsar CPNS 2021 Pemkab Maros, Bupati: Tanamkan Integritas dan Bekerja Dengan Baik

Maros–  Padapeserta Latihan Dasar CASN Pemkab Maros Golongan III Angkatan V yang diadakan di PPSDM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.