Home / Headline / Cegah Pekawinan Usia Anak, Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari Gelar Rakor Penyusunan Strategi Daerah

Cegah Pekawinan Usia Anak, Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari Gelar Rakor Penyusunan Strategi Daerah

Maros –  Perlindungan anak merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk pemerintah daerah, masyarakat, keluarga dan orang tua/wali. Salah satu bentuk perlindungan terhadap anak yang menjadi fokus perhatian adalah perlindungan anak dari perkawinan usia dini. Selain upaya kuratif, perlu adanya tindakan preventif dan promotif agar meminimalisir terjadinya kasus perkawinan pada usia anak.

Kementerian PPPA bersama The United Nations Population Fund (UNFPA) bekerjasama melakukan pendokumentasian praktik terkait pencegahan perkawinan anak di 5 kabupaten di Indonesia yang salah satunya menunjuk Kabupaten Maros selain 4 kabupaten lain yakni Rembang, Gunung Kidul, Lombok Utara dan Pamekasan. Kelima kabupaten ini terpilih atas sejumlah pertimbangan diantaranya mampu menekan masalah perkawinanan anak, memiliki angka perkawinan anak yang rendah dan praktik terbaik dalam upaya pencegahan perkawinan anak.
 
Bertempat di Baruga B, Kamis (15/04/2021), Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari  membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Daerah (STRADA) Pencegahan Perkawinan Anak dalam upaya gerak bersama pencegahan perkawinan anak dan memastikan adanya kebijakan yang dapat mendukung penurunan angka perkawinan anak di Kabupaten Maros.  

Wakil Bupati Hj Suhartina Bohari  juga menekankan pentingnya pelaksanaan Rakor ini sebagai ajang untuk mendapatkan masukan dari berbagai  stakeholder  terkait draft strategi daerah dalam rangka pencegahan perkawinan anak di Maros.

Hadir pada kegiatan ini sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Maros, Perwakilan dari Kantor Kemenag dan dari Pengadilan Agama Maros, dari Kantor BPS, perwakilan dari OPD terkait/Camat, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, Asosiasi Pemerintah Desa, dari Organisasi Perempuan dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Maros.   (DisKominfo)

Check Also

Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari Anjangsana dan Silaturahmi ke Ponpes Nurul Ikhwan Kecamatan Marusu

Maros –   Lanjutkan agenda anjangsana dan silaturahmi pada setiap kamis di Bulan Suci Ramadhan 1442 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.