Home / Headline / Bupati Buka Bimtek Aplikasi Perpustakaan Bagi Pengelola Perpusdes dan Perpustakaan Sekolah

Bupati Buka Bimtek Aplikasi Perpustakaan Bagi Pengelola Perpusdes dan Perpustakaan Sekolah

Maros–  Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam berbagai aspek terus digalakkan pemerintah, salah satunya dengan meningkatkan ketersediaan sarana dan  prasarana pendidikan bagi masyarakat, termasuk pemenuhan berbagai literatur dan referensi yang memadai di rak-rak perpustakaan.

Kita telah berada di era 4.0 dimana hampir semua aktifitas menggunakan teknologi secara digital berbasis IT, dengan demikian, penerapan pelayanan pun termasuk bidang pendidikan atau keperpustakaan dituntut mengikuti perkembangan jaman.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros menginisiasi penerapan Aplikasi Inslite Versi 3.1 di daerah ini sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomatisasi perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Bertempat di Baruga B Kantor Bupati Maros, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Perpustakaan Inslite Versi 3.1, Rabu (18/11/2020).  Bupati Maros HM Hatta Rahman  berkenan membuka kegiatan ini, dalam sambutanya beliau memberikan gambaran bahwa Aplikasi ini membantu pengembangan otomatisasi perpustakaan di seluruh Indonesia sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full-text dan multimedia.  Keunggulan lain aplikasi ini yakni membantu dalam pembentukan katalog elektronik berbasis MARC untuk indonesia (INDORMAC).

Bimtek ini diikuti sekitar 50 orang, perwakilan dari Pengelola Perpustakaan Desa dan Sekolah-Sekolah dengan menghadirkan tiga orang Narasumber yang berkompeten.   (DisKominfo)

Check Also

Peringati Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Maros, Bupati Buka Acara Seminar Sehari

Maros–   Dalam rangka meperingati Hari Guru Nasional ke-74 Tingkat Kabupaten Maros, Pemerintah dalam hal ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.