Home / Headline / Tutup Rangkaian Musrenbang Kecamatan, Bupati Dorong Pengembangan Potensi Tompobulu

Tutup Rangkaian Musrenbang Kecamatan, Bupati Dorong Pengembangan Potensi Tompobulu

Maros –  Rangkaian pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD Tingkat Kecamatan Tahun 2020 diakhiri di Kecamatan Tompobulu, Rabu (19/02/2020). Turut hadir Wakil Ketua DPRD HA Chaidir Syam, sejumlah Kepala OPD, Kapolsek Tompobulu dan perwakilan dari OPD Peserta Musrenbang serta Kepala Desa se- Kecamatan Tompobulu.                        

Sejalan dengan Wakil Ketua DPRD, Bupati dalam sambutannya flashback mengenang atmosfir di Tompobulu, pencapaian pembangunan yang telah diraih dalam kurun 10 tahun terakhir membawa perubahan yang signifikan daerah ini.                 

Lebih lanjut, Bupati kembali menandaskan tentang Tema dari Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021 kali ini yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas hidup, kualitas SDM dan daya saing daerah. Berangkat dari tema tersebut, Bupati merelevansikannya dengan orientasi pembangunan khusus di Kecamatan Tompobulu;  “Kalau kita mengacu pada tema Musrenbang RKPD yang poinnya meningkatkan kualitas SDM dan daya saing daerah, tentu kita dapat mengembangkan  potensi sumber daya di Tompobulu yang menonjol antara lain potensi bidang pertanian, peternakan, pariwisata dengan wisata tirta dan agrowisata serta pemanfaatan bentangan luas lahan untuk pengembangan bidang perumahan.”

Sejalan dengan gagasan tadi, beliau akan serius mendorong pengembangan sumber daya yang ada di Tompobulu;  “…..untuk perencanaan program, kita tidak lagi fokus pada pengembangan infrastruktur, melainkan lebih pada pengembangan SDM. Masyarakat di Tompobulu harus siap menghadapi perubahan, terutama bagi generasi muda. Olehnya itu, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, saya telah sampaikan gagasan untuk perubahan pola pikir.  Anak-anak muda di Tompobulu yang punya potensi harus dibina melalui pelatihan, untuk dapat mempersiapkan Tompobulu ini menjadi tempat tujuan wisata yang handal dengan merekrut sekitar 50 orang.”

Dalam arahannya juga, Bupati memotivasi jajaran Pemerintah Kecamatan dan seluruh elemen masyarakat Tompobulu agar dapat lebih maju dan berkembang dari waktu-waktu sebelumnya, baik aspek pola pikir, wawasan dan perilaku.  “Harus ada target untuk mencapai kemajuan kedepan, Tompobulu ini harus melangkah jauh agar dapat berkompetisi dengan daerah lain” demikian pungkasnya.   (DisKominfo)

Check Also

Cek Kedisiplinan ASN, Bupati Lakukan Sidak di Hari Pertama Berkantor

Maros –   Pada hari pertama berkantor pasca libur lebaran, Selasa (26/05/2020), Bupati, Wabup dan Sekda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.